Doa Untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh Dalam Islam

Yaser Gibran April 13, 2024

ppsdk.id – Doa untuk orang sakit, banyak sekali doa yang dapat membantu orang lain untuk meminta kesembuhan atas cobaan yang diterima oleh orang lain. Sebagai orang muslim dalam menanggapi orang lain yang sedang terkena penyakit tentunya hukumnya wajib.

Hal tersebut dapat meringankan derita yang didapat oleh orang tersebut. Walaupun kita tidak dapat menyembuhkan penyakit tersebut setidaknya kita dapat menjenguk dan memberikan doa kepada orang yang sedang sakit tersebut.

Disini mimin akan memberikan beberapa bacaan doa yang dapat kalian baca dan hapalkan untuk mendoakan orang yang sedang sakit. Untuk itu berikut adalah doa doa yang dapat kalian simak pada pembahasan dibawah ini.

Baca Juga : Simak Doa & Tata Cara Sholat Jenazah Perempuan dan Laki-Laki

Beberapa Bacaan Doa Orang Sakit Beserta Artinya

Beberapa-Bacaan-Doa-Sakit-Beserta-Artinya

Beikut ini adalah beberapa kumpulan doa yang sudah mimin kumpulkan dan kalian dapat menyimak apa saja doa doa untuk orang sakit tersebut. Dengan doa tersebut kalian dapat mendoakan orang yang sedang sakit. Simak penjelasanya dibawah ini.

1. Doa Untuk Orang Sakit Seperti Nabi Muhammad SAW

Pada masa Rasulullah SAW sedang mengunjungi sohabat yang sedang sakit Nabi Muhammad SAW membaca bacaan doa hingga tujuh kali. Apakah doa tersebut. Inilah doa yang dibaca oleh Nabi Muhammad SAW.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullahal azhima rabbal’arsyil’azhimi an yassfiyaka
artinya : “Aku memohon kepada Allah yang maha Agung, Tuhan Arasy yang megah agar menyembuhkanmu”.

Kalian dapat meniru doa yang sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan harapan semoga orang kita jenguk dapat cepat sembuh dan dapat beraktifitas seperti selayaknya dia beraktifitas seperti biasa.

2. Doa Untuk Orang Sakit (Keluarga)

Selanjutnya yaitu doa untuk kerabat atau keluarga yang sedang sakit. Jika kerabat atau keluarga kalian sedang mengalami penyakit dan kalian ingin mendoakan orang tersebut agar lebih cepat sembuh. Kalian dapat menggunakan doa sebagai berikut.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa isyfi antas syafi la syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.
Artinya : “ya Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit, berikanlah kesembuhan karena sesungguhnya engkah Maha Penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali engkau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri”.

Itulah doa untuk kerabat atau keuarga kita jika sedang sakit kalian dapat membacakan doa tersebut. Semoga doa tersebut dapat membantu kalian meringankan beban orang yang sedang sakit.

3. Doa Untuk Orang Sakit (Teman)

Selanjutnya yaitu doa untuk teman kita yang sedang sakit. Jika diantara kalian terdapat seorang teman yang jauh. Dan kalian tidak bisa menjenguk orang tersebut kalian dapat membacakan doa dengan harapa penyakitnya dapat diangkat oleh Allah SWT.

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allahummasyfi Sa’dan, Allahummasyfi Sa’dan, Allahummasyfi Sa’dan.
Artinya : “Ya Allah ya tuhanku, sembuhkanlah. Kata sa’dan kalian ganti dengan nama teman kalian”.

Itulah doa untuk teman kalian jika kalian tidak dapat mengunjungi teman kalian yang sedang sakit yang jauh dankalian tidak dapat menjenguknya.

4. Doa Untuk Orang Sakit Parah

Selanjutnya yaitu doa untuk orang yang sedang sakit parah. Doa tersebut dapat kalian gunakan kepada orang lain seperti keluarga atau teman kalian. dengan harapan agar orang yangmemiliki banyak penyakit atau mempunyai penyakit parah dapat segera sembuh.

بِسْمِ اللَّهِ الْكَبِيرِ أَعُوذُ بِاللَّهِ الْعَظِيمِ مِنْ شَرِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَّارِ

Bismillaahil kabiiri na’uudzu billaahil’adhiim min syarri irqin na’aarin wa min syarri harrin naar.
Artinya : “Dengan menyebut nama Allah SWT yang maha Besar, aku berlindung kepada keburukan otot – otot yang sobek dan dari panasnya api neraka”.

Doa tersebut merupakan sebuah doa utuk orang yang sedang mengalami banyak penyakit. Dan dengan harapan dengan melalui doa tersebut penyakit yang dirasakan akan diangkat oleh Allah SWT.

Baca Juga : Doa Tahiyat Akhir Lengkap Dari Awal Sampai Salam, Cek Yuk!

Perlukah Menjenguk Seseorang Yang Sedang Sakit?

Doa-Untuk-Teman-Yang-Sedang-Sakit

Dengan mengetahui orang lain seperti sahabat, teman, bahkan keluarga yang jauh apa yang diharapkan oleh mereka dari kita?. Tentunya yang mereka harapkan yaitu mengetahui dan menolong orang yang sedang sakit.

Namun apa tujuan kita dalam menjenguk orang yang sakit. Apaka dengan menjenguknya saja dapat membuat orang tersebut menjadi sehat. Tentunya tidak namun menjenguk orang yang sakit dapat memberikan perasaan yang nyaman kepada mereka seperti penjelasan berikut ini.

1. Merasa Peduli Dengan Mereka

Jika kalian mengunjungi orang lain yang kalian kenal saat mereka sedang sakit orang tersebut akan merasa dirinya diperhatikan. Kemudian mereka merasa bahwa dengan kalian menjenguk orang tersebut kalian menjadi orang yang peduli akan dirinya.

2. Lebih Percaya Diri Akan Kesembuhanya

Kemudian orang yang sedang sakit jika kalian menjenguk orang tersebut mereka akan menjadi lebih merasa percaya diri dapat bangkit dari rasa sakit tersebut. Dengan kalian menjenguk orang tersebut membuat orang tersebut akan merasa bahagia.

3. Meringankan Cobaan Penyakit Yang Diterima

Selanjutnya yaitu mereka akan merasa setelah kalian berkunjung ketempat orang sakit mereka akan merasa lebih ringan dalam menghadapi rasa sakit tersebut. Dengan begitu kalian akan meringankan cobaan yang diderita orang yang sedang sakit.

Apa Saja Yang Harus Dilakukan Saat Menjenguk Orang Sakit

Doa-Untuk-Keluarga-Yang-Sedang-Sakit

Lalu apa saja yang harus kita lakukan saat mengunjungi orang yang sedang sakit. Hal yang harus dilakukan saat mengunjungi orang yang sedang sakit sangatlah sederhana seperti, membawa oleh oleh, memberikan semangat kepada orang yang sedang sakit dan lain lain.

Baca Juga : Doa Iftitah Dan Artinya Lengkap Dengan Teks Latin & Arab

Untuk itu jika kalian masih belum paham bagaimana memperlakukan orang yang sedang sakit dan bagaimana cara menjenguk orang yang sedang sakit. Kalian simak beberapa saran yang mungkin dapat membantu kalian seperti penjelasan dibawah ini.

1. Membawa Oleh – Oleh

Membawa oleh oleh kepada orang yang sedang sakit merupakan hal yang sederhana. Kita tidak memerlukan sebuah oleh oleh yang mahal sekalipun cukup membawa beberapa makanan untuk orang tersebut.

Hal ini dilakukan supaya sebagai dorongan kepada orang sakit utuk memakan makanan yang kalian bawa. Sehingga dengan memakan makanan tersebut orang yang sedang sakit akan segera cepat sembuh kembali.

2. Mensupport Kerabatnya Yang Sedang Diterpa Cobaan

Selanjutnya yaitu memberikan support kepada orang yang sedang sakit merupakan sebuah dorongan yang sangat dibutuhkan oleh mereka. Karena dengan support kalian orang tersebut akan termotivasi dan dapat melalui segala cobaan disaat mereka sakit.

3. Menemani Orang Yang Sedang Sakit

Kemudian menemani orang yang sedang sakit. Jika kalian menemani orang yang sedang sakit maka orang tersebut akan lebih nyaman dan lebih tenang. Dengan perasaan tersebut makan orang tersebut dapat pulih dari penyakitnya dan dapat sehat kembali seperti yang diharapkan.

Kesimpulan Dan Penutup

Itulah beberapa penjelasan dan saran yang dapat kalian petik menanggapi orang lain entah itu teman, saudara kalian. yang diharapkan semoga teman ataupun keluarga yang kita sayangi dapat terhindar dari marabahaya.

Itu saja mungkin yang dapat mimin sampaikan. Semoga hari kalian dipenuhi senyuman. Sampai jumpa dilain kesempatan dan sampai jumpa…

Artikel Terkait