Kode Bank BCA untuk Transfer Antar Bank Dalam dan Luar Negeri

Bagus Andika May 19, 2024

Kode Bank BCA berfungsi untuk memudahkan transaksi keuangan yang dilakukan antar bank dari bank lain ke Bank BCA. Karena seperti yang sudah kamu tahu jika setiap bank pastinya memiliki kode uniknya sendiri.

Fungsinya adalah sebagai identitas dari bank tersebut hingga untuk memudahkan transaksi pengiriman uang atau transfer dari bank lain. Karena jika kamu mengirinkan uang atau transfer dari bank lain ke bank BCA maka kamu pun harus memasukkan kode unik yang terdiri dari tiga angka.

Disebut unik karena setiap bank memiliki kode tersendiri yang tidak sama satu dengan yang lainnya. Tujuannya ya jelas agar proses transaksi menjadi jauh lebih mudah tanpa adanya kesalahan.

Sebab jika kamu salah memasukkan kode, maka transaksi yang kamu lakukan pun akan gagal loh. Nah, jangan sampai hal ini terjadi agar transaksi yang kamu lakukan bisa berjalan dengan lancar tanpa gagal. Maka kamu pun harus tahu berapa kodenya.

Baca Juga: Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit dan Keperluan (Simple)

Kode Bank BCA dan Kegunaannya

Untuk Bank BCA, nomor kode yang digunakan untuk melakukan transfer dari Bank lain adalah 014. Kode ini bisa kamu gunakan untuk melakukan transfer dari Bank lain ke BCA. Sehingga fungsi utama dari kode ini sendiri sudah pasti adalah untuk memudahkan kamu dalam melakukan proses transaksi dari Bank berbeda.

Selain itu, kode ini juga berfungsi sebagai identitas bagi setiap bank, termasuk Bank BCA karena setiap kodenya memiliki perbedaan dan tidak sama. Hal ini memang bertujuan untuk membuat tranksaksi dapat dilakukan secara lancar. Sehingga tidak ada kasus kesalahan dalam bertransaksi antar bank.

Apalagi di Indonesia sendiri ada banyak sekali Bank mulai dari Bank milik BUMN, Bank Swasta, Bank daerah hingga kini ada bank digital yang bisa diakses dari perangkat pintar.

Dengan memiliki identitas kode bank maka traksaksi transfer atau mengirimkan uang pun akan dapat berlangsung dengan mudah ya.

Karena kode unik ini juga berguna sebagai alamat bank yang nantinya harus diletakkan di bagian depan sebelum nomor rekening tujuan. Yakni jika kamu akan melakukan transaksi dari bank lain maka kamu harus mamasukkan kode unik ini di depan nomor rekening Bank BCA tujuan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika kode dari bank BCA adalah 014 dan kode inilah yang harus kamu masukkan ke dalam nomor rekening dan harus diletakkan sebelum nomor rekening yang akan dituju saat melakukan proses transfer.

Dengan begitu, pengiriman uang ini pun akan berhasil dilakukan. Sebab jika kamu tidak memasukkan kode unik ini. Maka proses transfer pun akan gagal. Sehingga sangat penting untuk mengetahui kode unik setiap bank sebelum melakukan transfer uang dari bank ke bank yang berbeda.

Kode ini sendiri sebenarnya hanya kamu butuhkan ketika kamu mengirimkan atau melakukan transfer uang melalui mesin ATM. Sedangkan jika kamu melakukan transfer dengan menggunakan aplikasi M-Banking maka kamu tidak membutuhkan kode ini.

Cara Transfer ke Bank BCA Menggunakan Kode Unik

Setelah kamu mengetahui kode dari Bank BCA dan juga kegunaannya untuk mempermudah transaksi antar bank. Maka kamu bisa menggunakan kode tersebut atau menginput kode unik tersebut di depan nomor rekening BCA yang kamu tuju untuk melakukan transaksi transfer antar bank. Sehingga dana yang kamu kirimkan dapat terkirim dengan aman.

Dan untuk memasukkan kode unik dari bank BCA atau kode bank lain yang juga digunakan untuk transfer dana antar bank ini juga terbilang sangat mudah. Karena kode ini hanya digunakan ketika kamu melakukan transaksi atau pengiriman uang dari bank lain ke bank BCA melalui mesin ATM.

Maka pastikan kamu sudah tahu bahkan menghafal kode uniknya, yakni kode untuk BCA sendiri adalah 014. Biar saat melakukan transaksi pengiriman uang kamu tak perlu mengecek lagi berapa kode kombinasinya ya.

Apalagi kode ini kan hanya terdiri dari tiga angka yang unik dan setiap bank memiliki kode yang berbeda-beda. Sehingga pastinya akan lebih mudah untuk dihafalkan ya.

Dan berikut ini adalah cara menggunakan kode unik dari Bank BCA untuk melakukan transaksi transfer uang dari Bank lain:

Baca Juga: Cara Cek Resi JNE Cargo, Trucking, Express (Lacak Paket Cepat)

  • Karena cara ini hanya bisa digunakan jika kamu mengirimkan uang dari mesin ATM. Maka kamu harus mengunjungi ATM terdekat.
  • Kemudian masukkan kartu ATM dan masukkan kode pin agar bisa mengaksesnya serta melakukan traksaski.
  • Jika sudah berhasil masuk, pilih opsi Transaksi Lainnya.
  • Lalu pilih opsi Transaksi Antar Bank Lainnya.
  • Kemudian masukkan kode 3 digit kode unik BCA yakni 014 lalu masukkan nomor rekening Bank BCA tujuan.
  • Periksa sekali lagi kode dan nomor rekeningnya lalu masukkan jumlah nominal uang yang ingin kamu transfer.
  • Selanjutnya masukkan konfirmasi transaksi pengiriman uang dengan pilih opsi Ya.
  • Dan transaksi transfer pun berhasil dilakukan.

Daftar Kode Unik Bank Lengkap

Tak hanya harus tahu kode bank dari BCA saja, namun kamu juga wajib mengetahui kode bank dari bank bank lain. Terutama jika kamu sering melakukan proses transfer antar bank. Agar lebih memudahkan proses transaksi dan mengurangi resiko kegagalan.

Dan berikut ini adalah beberapa daftar kode unik dari berbagai bank di Indonesia hingga bank internasional yang bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi pengiriman uang:

Kode Bank Negara dan Daerah

BankKode
BCA014
BRI002
Mandiri008
BNI009
BTN200
BTPN213
Jabar110
Bank DKI111
Bpd DIY112
Bank Jateng113
Bank Jatim114
Bpd Jambi115
Bpd Aceh116
Bank Sumut117
Bank Nagari118
Bank Riau119
Bank Sumsel120
Bank Lampung121
Bpd Kalsel122
Bpd Kalimantan Barat123
Bpd Kaltim124
Bpd Kalteng125
Bpd Sulsel126
Bank Sulut127
Bpd Bali129
Bank Ntt130
Bank Maluku131
Bpd Papua132
Bank Bengkulu133
Bpd Sulawesi Tengah134
Bank Sultra135

Kode Bank Syariah

BankKode
Syariah Mandiri451
Bni Syariah009
Bri Syariah422
Bca Syariah536
Cimb Niaga Syariah022
Bank Syariah Indonesia451

Baca Juga: Mp3 Juice Hijau 2023 Download Lagu Youtube Tanpa Aplikasi

Kode Bank Internasional

Nama BankKode
Commonwealth950
American Express Bank Ltd030
Citibank N.A.031
Jp. Morgan Chase Bank, N.A.032
Bank of America, N.A033
Ing Indonesia Bank034
Bank Credit Agricole Indosuez039
The Bangkok Bank Comp. Ltd040
The Hongkong & Shanghai B.C. (Bank HSBC)041
The Bank of Tokyo Mitsubishi Ufj Ltd042
Korea Exchange Bank Danamon059
Anz Panin Bank061
Deutsche Bank Ag.067
Bank Woori Indonesia068
Bank of China Limited069
Ing Indonesia Bank034
Bank Credit Agricole Indosuez039
The Bangkok Bank Comp. Ltd040
The Hongkong & Shanghai B.C. (Bank Hsbc)041
The Bank of Tokyo Mitsubishi Ufj Ltd042

Kode Bank Digital 2023

Nama BankKode
Bank Jago542
Line Bank484
Neobank490
Allo Bank567
Blu By BCA Digital501

Akhir Kata

Baca Juga: Download Lagu Mp3 Terbaru 2023 Full Album Gratis Tanpa Ribet

Nah, itulah dia Kode Bank BCA dan bank lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan transaksi antar bank dengan lebih mudah dan aman. Pastinya dengan menggunakan kode unik ini, transaksi yang kamu lakukan pun sudah pasti 100% berhasil.

Artikel Terkait