Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit dan Keperluan (Simple)

Bagus Andika May 21, 2024

Ppsdk.id – Surat Izin Tidak Masuk Kerja bisa dibuat ketika tidak bisa masuk kerja dengan beberapa alasan seperti sakit atau karena alasan penting lainnya. Tidak jarang seorang karyawan harus melewatkan pekerjaannya karena terjadi suatu hal yang membuatnya tidak bisa masuk bekerja seperti biasa.

Setiap perusahaan maupun instansi baik instansi pemerintah maupun swasta pastinya memiliki aturan terkait perizinan tidak masuk kerja bagi karyawannya. Setiap perusahaan pun memiliki aturan yang berbeda-beda. Namun umumnya setiap perusahaan sudah pasti memberikan waktu cuti atau libur sementara bagi karyawannya.

Nah, inilah yang bisa dimanfaatkan oleh seorang karyawan yang sedang mengalami sebuah kendala sehingga tidak bisa masuk bekerja. Misalnya saja sedang sakit, ada angota keluarga yang meninggal hingga berbagai urusan mendesak lainnya.

Pihak perusahaan pun pastinya akan memberikan izin untuk tidak masuk kerja bagi karyawannya dengan berbagai syarat dan kondisi tentunya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan izin untuk tidak masuk bekerja adalah dengan mengirimkan surat keterangan izin untuk tidak bisa masuk kerja. Surat ini nantinya harus dikirimkan ke pihak HRD perusahaan dan menyertakan alasan yang membuat tidak bisa masuk bekerja seperti biasa.

Apa itu Surat Izin Tidak Masuk Kerja dan Tujuan Pembuatannya

Surat izin untuk tidak bisa masuk kerja adalah surat yang di dalamnya menyatakan jika kamu sedang berhalangan sehingga tidak bisa masuk bekerja seperti hari biasanya. Surat ini akan menjadi bahan pertimbangan dari pemilih perusahaan atau atasan tempat kamu bekerja untuk memberikan izin atau tidak.

Karena sebelum kamu mengajukan surat izin untuk tidak masuk kerja, ada hal yang perlu kamu pastikan. Yakni ketentuan libur dan cuti yang diberikan oleh perusahaan. Memang setiap perusahaan pastinya memberika libur dan cuti bagi karyawannya.

Namun pastinya wajib kamu tahu bahwa setiap perusahaan memiliki ketentuan serta aturan yang berbeda-beda ya.

Untuk pemberian cuti dan waktu cuti yang bisa diambil, maksimal cuti yang diberikan pada setiap karyawan.

Selain itu, setiap karyawan juga memiliki jatah cuti sendiri sehingga sebelum mengajukan izin tidak masuk bekerja. Lihat sisa cuti yang kamu miliki, apakah masih ada atau sudah terpakai semua.

Sehingga perusahaan pun memiliki hak untuk menolak izin tidak masuk bekerja yang kamu ajukan jika kamu sudah menggunakan jatah cuti yang dimiliki. Namun meski begitu, biasanya perusahaan juga memiliki keringanan bagi karyawannya. Jika memang izin yang dilakukan sifatnya mendesak seperti sakit parah sehingga tidak bisa masuk kerja sama sekali.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Setelah mengetahui aturan dan ketentuan yang dimiliki oleh perusahaan terkait izin tidak masuk bekerja. Kamu pun juga harus mengetahui bagaimana cara membuat surat izin ini dengan benar.

Karena pada kenyataannya ada banyak sekali orang yang tidak tahu bagaimana cara membuat surat izin yang benar. Sehingga mereka terkesan membuat surat izin yang asal-asalan.

Tentunya hal ini akan memberikan pengaruh pada izin yang sedang kamu ajukan. Pastikan jika surat yang kamu buat menggunakan Bahasa dan format yang formal.

Agar pihak perusahaan atau HRD tempat kamu bekerja bisa apply surat izin yang kamu ajukan. Baik itu izin karena sakit atau karena ada urusan keluarga. Nah, berikut ini adalah cara membuat surat izin tidak masuk kerja yang baik dan benar:

1. Menggunakan Format Surat yang Formal

Karena surat ini nantinya akan diberikan pada pihak HRD atau manajemen perusahaan. Sudah pasti surat ini harus dibuat dengan menggunakan konsep dan format yang formal ya.

Agar surat yang kamu kirimkan ini terlihat resmi dan professional. Dan pastinya juga akan melancarkan izin yang kamu ajukan ke pihak perusahaan.

2. Memakai Bahasa Indonesia yang Benar dan Formal

Perhatikan Bahasa yang akan kamu gunakan untuk membuat surat izin ini ya, karena Bahasa yang digunakan haruslah Bahasa Indonesia baku dan formal. Sehingga pastikan jika Bahasa yang kamu gunakan tidak hanya baik dan sopan tapi juga ejaannya benar serta sesuai dengan EYD.

Karena surat ini akan ditujukan pada HRD dan untuk keperluan pekerjaan. Maka dengan menggunakan Bahasa yang benar maka akan menunjukkan rasa hormat pada bagian HRD sekaligus menunjukkan jika kamu adalah karyawan yang professional.

3. Cantumkan Tanggal Izin Tidak Masuk Kerja

Tanggal izin tidak masuk kerja harus kamu cantumkan di dalam surat dan jumlah cuti yang kamu ambil. Jika kamu berniat untuk cuti beberapa hari. Karena hal ini akan memudahkan bagi pihak HRD atau kepala divisi untuk melihat tugas apa saja yang menjadi tanggung jawab kamu.

Dan alternatif apa yang akan mereka lakukan saat kamu sedang izin tidak bekerja. Selain itu, pastikan juga menuliskan tanggal pembuatan surat ya. Sebagai syarat pembuatan surat formal.

4. Cantumkan Identitas, Data Diri dan Jabatan

Jangan lupa juga untuk mencantumkan data diri, identitas hingga jabatan dan divisi tempat kamu bekerja. Hal ini akan mempermudah pihak HRD untuk apply surat izin yang kamu berikan.

5. Jelasnkan Tujuan Izin Kerja

Kamu juga wajib menjelaskan alasan mengapa kamu tidak masuk bekerja. Apakah karena ada urusan keluarga, anggota keluarga yang sakit atau meninggal dunia. Jika alasannya adalah karena kamu sakit, maka kamu bisa melampirkan surat keterangan dari dokter.

Sebagai pertimbangan bagi pihak HRD atau perusahaan untuk memberikan izin tidak masuk bekerja.

6. Mempertimbangkan untuk Memberi Alternatif

Untuk beberapa kasus tertentu, kamu pun bisa memberikan pertimbangan khusus untuk menebus ketidakhadiran di tempat kerja pada pihak manajemen perusahaan. Misalnya saja akan tetap melaksanakan tugas tugas yang kamu miliki meskipun tidak bisa masuk ke kantor secara langsung.

Namun tetap bisa menyelesaikan tugas secara remote hingga dihubuni melalui email. Selain itu, kamu juga bisa memberikan alternatif lain dengan mempertimbangkan orang lain yang bisa memback up pekerjaan kamu sementara selama kamu tidak bekerja.

Dengan beberapa pengajuan alternatif ini, biasanya perusahaan bisa mempertimbangkan surat izin yang kamu ajukan.

7. Berikan Ucapkan Terima Kasih

Meskipun sepele, namun jangan lupakan untuk memberikan terima kasih pada pihak HRD atau manajemen perusahaan yang bertanggung jawab. Untuk menciptakan hubungan kerja yang baik.

Ucapan terima kasih juga akan membuat pihak perusahaan merasa dihargai.

8. Memeriksa Tipografi

Bagian terakhir, jangan lupa untuk memeriksa kembali surat yang sudah kamu buat. Pastikan jika tidak ada kesalahan dalam penulisan atau biasa disebut dengan typo. Karena kesalahan penulisan pada surat dapat membuat kamu terkesan kurang professional.

9. Mengirimkan Surat

Jika kamu merasa surat yang kamu buat sudah benar, maka kamu bisa langsung mengirimkannya pada perusahaan tempat kamu bekerja. Maupun instansi yang terkait. Kamu bisa mengirimkan versi hard copy dengan mencetaknya terlebih dahulu lalu berikan tanda tangan.

Namun jika ingin  dikirimkan versi digital lewat email, maka kamu bisa memberikan tanda tangan di bagian akhir surat.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak contohnya di bawah ini, sebagai gambaran bagaimana cara membuat surat untuk cuti kerja dengan baik dan benar:

Baca Juga: Jadwal Perempat Final Liga Champion 2023 Terlengkap

1. Contoh Surat Cuti Karena Sakit

2. Contoh Surat Cuti Karena Urusan Keluarga

3. Contoh Surat Cuti Karena Oran Tua Sakit

Akhir Kata

Dengan mengetahui bagaimana cara membuat surat izin tidak masuk kerja dengan benar, akan memudahkan kamu untuk mendapatkan izin cuti. Sehingga kamu pun bisa menyelesaikan masalah yang ada. Dan bisa masuk bekerja lagi nanti setelah masalah selesai.

Artikel Terkait