Ukuran Kertas F4 dalam Inci, MM, CM, Pixel di Word Office

Bagus Andika July 18, 2024

Ukuran Kertas F4 adalah ukuran kertas yang sering sekali digunakan karena merupakan ukuran legal untuk sebuah dokumen atau surat resmi. Nggak heran jika sebagian besar orang akan menggunakan ukuran kertas ini saat sedang membuat dokumen penting dan bersifat resmi.

Bahkan tidak heran dalam pembuatan dokumen yang resmi dan legal, kamu akan diminta untuk menggunakan format F4. Ukuran kertas ini juga biasanya digunakan untuk menyusun dokumen di PC. Membuat dokumen untuk mengerjakan tugas kuliha hingga dokumen untuk pekerjaan.

Meski ukuran kertas ini merupakan ukuran resmi yang legal dan biasa digunakan dalam pembuatan dokumen atau surat resmi hingga tugas kuliah dan laporan. Nggak heran jika ukuran ini tersedia secara otomatis di Microsoft Word dan bisa langsung kamu gunakan.

Namun nggak jarang jika ukuran ini tidak tersedia di PC sehingga kamu harus membuat ukuran dari kertas ini secara manual.

Untuk itu, sebelum kamu membuat ukurannya secara manual. Kamu pun harus mengetahui berapa ukuran pasti dari kertas ini. Dengan begitu kamu pun bisa membuat ukurannya secara manual agar bisa membuat dokumen dengan ukuran kertas F4 ini ya.

Baca Juga: 10 Aplikasi Penghasil PayPal Tercepat Langsung WD Ke Rekening

Penjelasan Mengenai Ukuran Kertas F4 dan Contohnya

Meskipun sebenarnya kertas dengan ukuran F4 ini tidak sama dengan ukuran Legal atau Letter. Namun ukuran kertas ini memang sering sekali digunakan untuk membuat dokumen yang bersifat resmi atau surat surat legal.

Sedangkan untuk ukuran kertas legal atau letter sendiri adalah sebagai berikut:

Ukuran Kertas Legal

Untuk kertas legal sendiri ukurannya adalah 21,59 cm x 35,56 cm. Atau kamu juga bisa menggunakan ukuran 8,5 inci x 11 inci.

Ukuran Kertas Letter

Sedangkan untuk ukuran Kertas Letter yakni 21,59 cm x 27,94 cm. Atau kamu juga bisa menggunakan ukuran 8,27 inci x 11,69 inci.

Ukuran Kertas F4

Nah, sementara itu untuk ukuran kertas ini adalah 21 cm x 33 cm. Atau bisa juga menggunakan ukuran 8,27 inci x 12,99 inci.

Dari sini bisa kita simpulkan jika secara umum ukurannya ini memang berbeda dengan kertas legal maupun kertas letter. Namun jika kamu perhatikan, ukuran dari f4 sendiri berada di tengah tengah dari kedua kertas tersebut.

Fakta Unik Mengenai Ukuran Kertas F4

Terdapat beberapa fakta unik terkait kertas dengan ukuran F4 ini, karena kertas yang juga dikenal dengan nama kertas folio ini rupanya tidak hanya populer dan banyak digunakan di negara negara yang ada di Asia Tenggara saja.

Namun ada beberapa negara yang juga menggunakan ukuran kertas ini sebagai patokan dalam  pembuatan berbagai dokumen dan surat resmi.

Sementara itu, Indonesia dianggap sebagai salah satu negara yang paling banyak menggunakan ukuran kertas yang satu ini.

Kertas ini juga disebut dengan nama folio karena dalam dunia percetakan F4 adalah ukuran kertas foolscap yang juga biasa disebut dengan istilah metric foolscap.

Baca Juga: Download Bling2 Live Apk Versi Original dan Mod Update 2023

Cara Membuat Ukuran Kertas F4 untuk Berbagai Kebutuhan

Setelah mengetahui ukurannya dengan benar maka berikut adalah berbagai cara untuk membuatnya di berbagai aplikasi:

1. Cara Membuat Ukuran Kertas F4 di Word

Sebenarnya Word sendiri sudah menyediakan berbagai ukuran kertas termasuk F4 yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Caranya adalah dengan memilih menu Layout lalu pilih opsi Size. Di sini kamu bisa menemukan berbagai ukuran kertas termasuk F4.

Namun tak jarang juga Word tidak menyediakan ukuran ini sehingga harus kamu masukkan secara manual. Begini caranya:

  • Klik Menu Layout yang ada di bagian atas aplikasi Word.
  • Pilih opsi Size, di sini kamu akan menemukan berbagai ukuran kertas.
  • Dan jika tidak ada ukuran F4 maka kamu bisa klik opsi More Paper Size.
  • Setelah masuk ke menu ini, kamu akan diminta untuk memasukkan ukuran kertas secara manual.
  • Isi opsi Width dengan ukuran 8.5. Dan Height 13.
  • Lalu klik OK untuk mengubah ukuran kertas menjadi F4.

Setelah dokumen dengan kertas F4 ini kamu simpan maka ukuran dari kertas ini pun akan secara otomatis tersimpan juga kok. Jadi nanti saat menggunakannya kamu sudah tidak perlu memasukkan ukurannya secara manual lagi ya.

2. Cara Membuat Ukuran Kertas F4 di Excel

Tidak hanya di Word saja, kadangkala kamu juga membutuhkan ukuran kertas ini di Excel. Dan cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka program Excel.
  • Lalu di sini kamu harus memilih menu Page Layout untuk membuat ukuran F4.
  • Kemudian pilih opsi Size.
  • Selanjutnya di sini kamu bisa memilih opsi Folio, karena ukuran ini adalah nama lain dari kertas F4 atau bahkan ukurannya sama. Sehingga bisa langsung kamu gunakan.
  • Lalu kamu pun dapat mengatur posisi kertas sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Bisa menggunakan posisi portrait atau bisa juga dengan menggunakan posisi landscape.
  • Untuk menyelesaikannya, kamu tinggal klik tombol OK dan ukuran kertas pun sudah berhasil diubah menjadi F.

Sama dengan cara sebelumnya, jika kamu menyimpan dokumen Excel ini maka secara otomatis ukuran F4 pun akan tersimpan. Sehingga nantinya akan bisa kamu gunakan kapan saja.

Baca juga: Link Download Nekopoi Apk dan Login Linkpoi.me Sub Indo 2023

Fungsi Ukuran Kertas F4

Di dalam dunia percetakan, ukuran kertas ini sering sekali digunakan bahkan menjadi ukuran kertas yang paling umum. Biasanya ukuran ini digunakan untuk membuat dokumen penting dan surat resmi.

Namun tak jarang ukuran ini juga dibuat untuk membuat tugas sekolah, tugas kuliah, laporan pekerjaan hingga digunakan untuk membuat lembar kerja siswa. Seperti soal soal ujian dan lain sebagainya.

Ukuran kertas ini juga sering sekali digunakan untuk membuat formulir pendaftaran. Sehingga nggak heran jika ukuran kertas ini cukup familiar di Indonesia. Karena hampir semua dokumen dibuat dengan menggunakan ukuran kertas ini.

Di Indonesia sendiri ukuran kertas ini sering juga disebut sebagai kertas folio dan memang sangat sering digunakan bahkan menjadi patokan dalam pembuatan berbagai dokumen.

Pasti sering kan, kamu diminta untuk membuat dokumen, laporan hingga tugas sekolah dengan format F4 atau disebut folio juga.

Ukuran kertas ini juga sama dengan kertas folio bergaris yang terkadang digunakan untuk membuat formulir maupun surat lamaran pekerjaan tulis tangan. Karena ukurannya yang sama pula inilah membuat kertas F4 juga disebut dengan kertas folio.

Karena saking umumnya ukuran kertas ini di Indonesia maka nggak heran jika ukuran ini selalu menjadi patokan dan syarat khusus dalam pembuatan berbagai dokumen. Baik dokumen atau surat yang bersifat resmi maupun surat dan dokumen non resmi.

Oleh sebab itu, sangat penting sekali bagi kamu untuk tahu bagaimana cara membuatnya ini baik di aplikasi Word maupun Excel ya.

Baca Juga: Gombalan Bikin Baper di Chat WA Lucu Singkat Bahasa Jawa

Akhir Kata

Dengan mengetahui Ukuran Kertas F4 maka kamu pun akan lebih mudah dalam membuat dokumen menggunakan ukuran kertas folio. Terutama jika ukuran kertas ini tidak tersedia secara otomatis di aplikasi Word yang ada di perangkat PC atau Laptop yang kamu gunakan.

Artikel Terkait