Warganet Heboh! Fenomena Bulan Sabit Bintang Pertanda Apa?

Sangun Ghani March 26, 2023

ppsdk.id | Warga Indonesia dibuat geger karena adanya sebuah fenomena yang menampilkan sebuah bulan sabit yang terlihat sejajar dengan bintang. Fenomena Bulan Sabit Bintang ini berlangsung pada hari kedua di bulan ramadhan, dan berlangsung cukup lama sebelum buka puasa (24/02/23).

Banyak yang beranggapan bahwa hal ini adalah sebuah fenomena yang akan mendatangkan banyak rejeki maupun hal ghaib. Namun hal tersebut pengertian yang kami dapat dari sebagian orang saja, karena faktanya fenomena tersebut memiliki penjelasan secara ilmiah.

Terbukti bawha ahli BMKG angkat bicara setelah terjadinya hal tersebut, agar tidak mendatangakan banyak spekulasi. Fenomena tersebut terjadi dikarenakan terjadinya konjungsi antara bulan sabit dan juga planet venus.

Maka dari itu terjadilah fenomena seperti itu, dan mungkin banyak dari kalian yang dapat menyaksikan fenomena tersebut tepatnya di hari kemarin dengan mata telanjang. Karena memang fenomena tersebut nampak cukup jelas dan juga dapat dinikmati dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga : Cuti Bersama Lebaran 2023 Ditambah dan Dimajukan, Ini Alasanya

Namun walaupun telah diberikan penjelasan terkait adanya sebuah aktifitas geologi, banyak orang yang beranggapan bahwa fenomena tersebut terjadi karena memang memiliki sebuah pertanda. Tidak sedikit juga orang beranggapan mengenai hal itu berkaitan dengan hal ghaib.

Terjadinya fenomena bulan sabit bintang kemarin pastinya membuat banyak orang merasa penasaran, karena memang sangat jarang bahkan tidak pernah bulan mengalami konjungsi dengan planet ataupun matahari, maka dari itu banyak orang yang bertanya-tanya akan terjadinya fenomena tersebut.

Namun untuk memberikan sebuah penjelasan yang lebih detail mengenai fenomena tersebut, kalian dapat terus ikuti dan simak beberapa ulasan yang akan kami berikan dibawah ini. Karena kami akan memberikan sebuah penjelasan detail mengenai hal itu secara rinci.

Penjelasan Fenomena Bulan Sabit dan Bintang

Penjelasan-Fenomena-Bulan-Sabit-dan-Bintang

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui hal ini, dan bahkan bertanya-tanya atas fenomena yang telah terjadi kemarin tepatnya pada hari Jum’at 24, Maret 2023. Dari informasi yang kami dapat dari berbagai sumber, maka kami dapat menyimpulkan bahwa:

Fenomena bulan sabit bintang adalah ketika bulan sabit terlihat berdampingan dengan sebuah bintang atau lebih di langit malam. Pada umumnya bulan sabit akan terlihat sangat cerah sehingga membuat bintang-bintang di sekitarnya sulit terlihat.

Tetapi didalam beberapa kasus, bintang tersebut bisa terlihat jelas berada di dekat bulan sabit. Fenomena ini terjadi diakibatkan posisi bulan sabit dan bintang tersebut dalam posisi yang sama di langit malam atau biasa disebut dengan konjungsi.

Meskipun sebenarnya bintang tersebut mungkin berada di jarak yang sangat jauh dari bulan. Hal ini terjadi karena efek optik yang disebabkan oleh cahaya bulan yang terang dan menciptakan kontras dengan bintang-bintang di sekitarnya.

Fenomena bulan sabit bintang seringkali dianggap sebagai momen romantis dan juga indah. Beberapa budaya beserta adat juga mengaitkan fenomena ini dengan keberuntungan atau pertanda baik. Tetapi, secara ilmiah, fenomena ini hanya merupakan efek optik alam yang menarik dan menakjubkan.

Jika membicarakan konjungsi, nampaknya banyak dari kalian yang masih nampak asing dengan kata-kata tersebut ya. Agar dapat lebih memberikan sebuah penjelesan yang detail, kami tentunya akan memberikan juga penjelasan apa itu konjungsi.

Baca Juga : Jadwal Puasa Ramadhan 2023 Pemerintah NU dan Muhammadiyah

Apa Itu Konjungsi?

Konjungsi adalah sebuah istilah yang berlaku dalam astronomi yang memiliki arti dimana pada saat dua atau lebih objek langit tampak berdekatan atau berada pada posisi yang hampir sama di langit malam.

Dalam penjelasan astrologi, konjungsi juga memiliki sebuah arti yang mana merujuk pada saat dua planet berada pada posisi yang hampir sama di langit, yang dianggap memiliki pengaruh didalam kehidupan manusia.

Tetapi, di dalam ilmu astronomi, konjungsi hanyalah posisi relatif dua atau lebih objek langit yang tampak berdekatan dari sudut pandang pengamat di Bumi.

Terdapat sebuah Contoh konjungsi yang sangatlah terkenal ialah konjungsi antara planet Jupiter dan Saturnus pada Desember 2020, yang terlihat cukup dekat satu sama lain dari Bumi.

Fenomena ini juga disebut sebagai “Konjungsi Besar” dan fenomena ini hanya terjadi dalam 20 tahun sekali. Konjungsi juga dapat terjadi antara planet dan bintang, atau antara bulan dan planet atau bintang, tergantung pada posisi relatif dari objek-objek tersebut di langit.

Fenomena Astronomi Yang Akan Berlangsung Di Tahun 2023

Fenomena-Astronomi-Yang-Akan-Berlangsung-Di-Tahun-2023

Setelah kita semua memahmi apa itu konjungsi dan juga beberapa penjelasan lain mengenai astronomi, maka selanjutnya disini kami akan memberikan sedikit penjelasan tentang sebuah fenomena astronomi yang akan terjadi di tahun 2023.

Ada banyak orang yang menantikan fenomena-fenomena alam, karena dari fenomena alam tersebut kita dapat melihat sebuah reaksi yang dihasilkan dari benda di astronomi. Dan menghasilkan sebuah pemandangan yang indah, dan pastinya pemandangan tersebut sangat jarang terlihat.

Berikut ini kami telah merangkum deretan fenomena astronomi yang akan berlangsung di tahun 2023. Simak selengkapnya pada ulasan yang tersedia dibawah ini.

Baca Juga : Super Gampang, Ini Cara Bikin Twibbon Ramadhan 2023/1444H

1. Hujan Meteor Lyrid

Hujan meteor terjadi apabila Bumi melewati puing-puing yang tertinggal dari komet dan asteroid. Itulah sebabnya hujan meteor terjadi pada waktu yang hampir bersamaan setiap tahun. Dan di tahun ini hujan meteor akan berlangsung pada tanggal 15 April 2023.

Ada sebanyak 100 meteor lyrid yang akan jatuh dan juga menghujani planet kita bumi. Untuk menyaksikan fenomena ini kalian dapat berbaring di antara waktu bulan terbenam dan juga matahari terbit. Dan kalian bisa menghadap ke arah timur untuk menyaksikan fenomena ini.

2. Hujan Meteor Eta Aquarid

Untuk fenomena selanjutnya yang akan berlangsung ialah fenomena hujan meteor eta aquarid. Yang mana meteor ini memiliki kecepatan 148.000 mil per jam untuk menuju ke atmosfer bumi. Dan untuk fenomena ini akan berlangsung pada tanggal 27 Mei 2023.

3. Hujan Meteor Perseid

Untuk fenomena selanjutnya yang bisa kalian saksikan di tahun ini ialah hujan meteor perseid. Fenomena ini disebut sebagai fenomana terbaik yang bisa disaksikan pada tanggal 14 Juli 2023, dan meteor ini memiliki kecepatan 50 hingga 100 mil per jam.

4. Super Blue Moon

Fenomena selanjutnya yang pastinya menjadi fenomena yang kalian tunggu-tunggu dan menjadi fenomena yang muncul disetiap tahunnya ialah fenomena Super Blue Moon.

Pada tanggal 31 Agustus 2023 fenomena ini akan berlangsung. Dan bulan purnama akan terlihat jauh lebih besar jika dibandingkan dengan bulan-bulan pada umumnya. Bahkan tidak hanya pada tanggal 31, saja, melainkan fenomena ini juga akan berlangsung pada tanggal 29.

Penutup

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai fenomena bulan sabit bintang beserta beberapa informasi menarik lainnya. Semoga dengan dibuatnya pembahasan ini dapat memberikan banyak manfaat dan juga pengetahuan bagi teman-teman semua. Cukup sekian dari kami dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya, terima kasih.

Artikel Terkait