Sholawat Nabi Muhammad SAW Terbaik dan Terindah (Lirik & Arti)

Yaser Gibran March 27, 2023

PPSDK.ID – Membaca sholawat nabi menjadi salah satu anjuran baik yang juga dapat digunakan sebagai amalan sehari-hari. Karena dibalik bacaan sholawat tersebut, terdapat segudang manfaat yang akan setiap muslim dapatkan baik di dunia dan di akhirat.

Baca Juga : Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan Badan Dan Tata Caranya

Dan pada ulasan kali ini, mimin akan berikan beberapa daftar bacaan sholawat nabi pendek dengan penulisan yang baik dan benar. Beberapa daftar di bawah ini tentu bisa kamu hapalkan untuk dijadikan amalan sehari-hari.

Kumpulan Bacaan Sholawat Nabi Pendek Komplit

Kumpulan-Bacaan-Sholawat-Nabi-Pendek-Komplit

Anjuran membaca sholawat untuk Nabi Muhammad sudah jelas tercantum di dalam al Qur’an dan hadis. Salah satunya pada surat Al Ahzab ayat 56 yang berbunyi:

“Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Keutamaan membaca sholawat adalah dapat menghapus dosa. Seorang yang mengamalkan sholawat juga akan diangkat derajatnya di dunia dan di akhirat kelak.

Untuk itu, kamu bisa langsung lihat saja beberapa bacaan sholawat nabi pendek berikut ini untuk lebih mudah dalam menghapal dan mengamalkannya.

1. Sholawat Nariyah

Bacaan Sholawat Nariyyah arab, latin dan artinya:

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaamaan taamman alaa sayyidinaa muhammadinil ladzii tanhallu bihiluqodu watanfariju bihilkurobu watuqdhoo bihilhawaaiju watunaalu bihir roghooibu wahusnul khowaatimi wayustasqaal ghomaamu biwajhihilkariimi waalaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatin wanafasin biadadi kulli maluumin laka.

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

2. Sholawat Fatih

Bacaan Sholawat Fatih arab dan latin:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allahumma sholli ala sayyidina muhammaddinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo, nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ila shirotikal mustaqim wa ala alihi haqqo qodrihi wa miq darihil adzim.

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.

3. Sholawat Ibrahim

Bacaan shalawat nabi Ibrahim teks arab dan latin:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ و بَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدُ مَجِيْدٌ

Allahumma shalli alaa sayyidinaa muhammad waalaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa shallaita alaa sayyidinaa ibraahiima waalaa aali sayyidinaa ibrahiia wabaarik alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarakta alaa sayyidinaa alaa sayyidinaa ibraahima wa alaa aali sayyidina ibraahima, fil aalamiina innaka hamiidun majiidun.

Artinya: “Ya Allah, berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.

4. Sholawat Nuril Anwar

Bacaan Sholawat Nur al Anwar teks arab dan latin:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نُورِ الأَنْوَارِ. وَسِرِّ الأَسِرَارِ. وَتِرْيَاقِ الأَغْيَارِ. وَمِفْتَاحِ بَابِ الْنَسَارِ. سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُخْتَارِ. وَآلِهِ الأَطْهَارِ. وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ. عَدَد نِعَمِ الله وَأِفْضَالِهِ

Allahumma Shalli Alaa Nuuril Anwaari Wasirril Asraari, Watiryaaqil Aghyaari Wamiftaahi Baabil Yasaari, Sayyidinaa Wamaulaana Muhammadinil Muhtaari Wa Aalihil Ath Haari Wa Ash Haabihil Ahyaari Adada Niamillaahi Wa Ifdhaalih.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, belakang layar dari segenap rahasia, penawar sedih dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad saw. yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Mahakuasa dan karunia-Nya.

5. Sholawat Munjiyat

Bacaan Sholawat Nabi Munjiyat arab latin:

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةٌ تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْاَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَابِهَاجَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَابِهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii’is-sayyi’aati wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii’il-khairaati fil-hayaati wa ba’dal-mamaati.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan, dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan semua hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami, mengangkat kami pada derajat tertinggi, menyampaikan kami pada puncak tujuan, dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati.

10 Keutamaan Membaca Sholawat Nabi yang Perlu Kamu Ketahui

10-Keutamaan-Membaca-Sholawat-Nabi-yang-Perlu-Kamu-Ketahui

Anjuran untuk bersholawat nabi memang sudah diajarkan ulama dan orang-orang terdahulu, sebagai lantaran untuk mencari syafaat nabi. Dan perintah untuk membacanya juga diperkuat dengan berbagai dalil dari al Qur’an dan hadis.

Berdasarkan banyak dalil dianjurkannya membaca sholawat tersebut, ulama menyimpulkan 10 keutamaan membaca sholawat nabi. Berikut daftarnya:

  1. Mendapatkan rahmat (kasih sayang) dan maghfirah (ampunan) dari Allah SWT
  2. Mendapatkan syafaat (pertolongan) dari Rosulullah dan nabi pilihan
  3. Melanjutkan tradisi malaikat abrar
  4. Orang yang suka bersholawat terhindar dari golongan orang kafir dan orang-orang munafik
  5. Dapat menghapus dosa dan kesalahan yang telah lampau
  6. Dapat dikabulkan hajat dan kebutuhannya
  7. Mendapatkan keselamatan dari panasnya api neraka
  8. Mendapatkan pencerahan hati, lahir dan batin
  9. Orang-orang yang bersholawat akan dimasukkan ke dalam surga Allah
  10. Mendapatkan salam (keselamatan) dari Allah yang maha kuasa

Dengan mengetahui beberapa keutamaan di atas, tentunya kamu bisa tahu mengapa bersholawat kepada nabi sangat dianjurkan bagi semua muslim.

Dan beberapa daftar bacaan sholawat nabi di atas tentu sangat baik kamu hapalkan dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari, dengan mengharapkan ampunan Allah dan pertolongan Rosulnya.

Artikel Terkait