Bocoran Contoh Soal Tes Wawancara Sensus Pertanian 2023

Sangun Ghani April 13, 2024

ppsdk.id | Bagi kalian yang saat ini tertarik untuk menjadi anggota sensus, maka kalian perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja contoh soal tes wawancara sensus pertanian. Yang mana tahapan tersebut menjadi tahapan yang harus dilewati sebagai syarat calon petugas sensus.

Ada banyak sekali tahapan tes yang bisa kalian lewati apabila mengajukan diri sebagai calon petugas sensus. Dan salah satu tahapan yang harus dilewati ialah wawancara, yang mana soal tes wawancara ini meliputi banyak hal salah satunya ialah wawancara tentang sensus pertanian.

Tes yang akan kalian lakukan ini adalah salah satu tes yang dapat digunakan sebagai tolak ukur kemampuan dan juga pengetahuan kalian mengenai bidang pertanian. Maka dari itu sebelum kalian melanjutkan proses lebih jauh.

Kalian dapat melakukan pembelajaraan dari berbagai sumber, dan salah satunya adalah mempelejari bagaimana contoh soal tes wawancara sensus pertanian yang dapat didapatkan dari internet. Hal tersebut seperti yang akan kami bagikan untuk kalian semua pada kesempatan kali ini.

Maka dari itu apabila kalian tertarik dengan hal ini, dan ingin mempelajari lebih jauh tentang soal tes wawancara sensus pertanian. Kalian dapat mengikuti ulasan yang akan kami berikan pada kesempatan kali ini hingga selesai.

Baca Juga : Warganet Heboh! Fenomena Bulan Sabit Bintang Pertanda Apa?

Daftar Contoh Soal Tes Wawancara Sensus Pertanian

Daftar-Contoh-Soal-Tes-Wawancara-Sensus-Pertanian

Seperti yang telah kami ulas secara singkat diatas, dimana tes wawancara sensus pertanian adalah salah satu tahapan tes yang harus dilewati oleh calon petugas sensus sebelum terjun kelapangan untuk memberikan pelayanan terhadap para petani.

Tes wawancara juga menjadi salah satu tahapan sebuah seleksi yang telah ditetepkan oleh BPS atau badan pusat statistik. Ada banyak sekali jenis tes, dan salah satunya adalah tes wawancara yang tidak boleh dilewatkan.

Sebelum memulai tes wawancara, para peserta akan dihadapkan dengan sebuah tes tertulis. Namun dari sebagian daerah yang telah membuka pendaftaran tersebut. Para calon petugas telah mencapai tes wawancara yang harus diselesaikan.

Tentunya bagi para calon petugas sensus, perlu untuk mengetahui soal tes wawancara sensus pertanian. Ada banyak sumber yang bisa dijadikan acuan sebagai contoh soal tes wawancara sensus pertanian.

Dan pada pembahasan kali inilah kami akan berusaha memberikan contoh sebuah tes wawancara sensus pertanian. Contoh yang kami berikan ini bukanlah sebuah soal yang kami dapat dari pihak BPS, namun contoh ini adalah sebagai acuan dan juga sebagai contoh.

Yang pastinya salah satu dari tes wawancara yang kami sediakan ini bisa saja hadir dalam tes atau bisa jadi tidak sama sekali. Namun setidaknya kalian dapat memahami sedikit bagaimana isi dari tes wawancara sensus pertanian sebelum kalian menjalani tesnya.

Dan untuk lebih jelas tentang contoh soal tes wawancara sensus pertanian, kalian dapat menyimak beberapa contoh soal yang telah kami sediakan dibawah ini.

Baca Juga : Dijamin Ampuh! Cara Mengusir Curut Didalam Rumah Dengan Ini

Contoh Soal Tes Wawancara Sensus Pertanian Beserta Jawaban

Contoh Soal Tes Wawancara Sensus Pertanian

1. Apa singkatan dari BPS?

BPS adalah singkatan dari Badan Pusat Statistik

2. Jelaskan Visi Misi dari BPS RI?

Visi dari BPS ialah menjadi pusat pengembangan kompetensi SDM unggul dan adaptif

Lalu selanjutnya untuk Misi dari BPS RI adalah

  • Mengembangkan sistem pendidikan dan pelatihan yang terintegrasi dan berkesinambungan dalam mewujudkan BPS Corporate University;
  • Mengelola dan mengembangkan layanan pendidikan dan pelatihan serta sarana dan prasarana yang modern dan akuntabel;
  • Mengelola dan mengembangkan kompetensi SDM yang relevan dengan kebutuhan terkini

3. Ada berapa warna yang terdapat pada logo BPS, dan sebutkan perbedaan dari warna yang ada didalam logo BPS!

Terdapat 3 warna yang ada pada logo BPS, dan masing-masing logo memiliki warna yang berbeda, yaitu Hijau, Biru dan Orange.

Hijau adalah sensus pertanian

Biru adalah sensus penduduk

Orange adalah sensus ekonomi

4. Pendataan Sensus Penduduk Pertanian di tahun 2023 ini, sektor yang diharuskan untuk diliput apa saja? Sebutkan!

Sektor yang menjadi sasaran untuk pendataan Sensus Pertanian di tahun 2023 ini adalah Hortikultura, Tanaman Pangan, Peternakan, Kehutanan, Perikanan, Jenis Pertanian dan yang terakhir Perkebunan.

5. Apa alasan Anda mengikuti program Sensus Pertanian 2023?

Saya ingin berkontribusi dalam menyediakan data yang berkualitas untuk kemajuan pertanian di Indonesia.

6. Bagaimana strategi Anda sebagai petugas lapangan dalam mengatur waktu untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan target waktu yang diberikan, sementara Anda memiliki pekerjaan rutin?

Saya akan memprioritaskan tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu, termasuk pekerjaan rutin yang saya miliki.

7.  Bagaimana jika Anda menemukan koresponden yang enggan memberikan keterangan terperinci?

Saya akan melakukan sebuah pendekatan secara metodologis terlebih dahulu untuk membangun hubungan yang baik dengan koresponden, lalu mereka dapat memberikan keterangan yang diperlukan.

8.  Apa kelebihan Anda sehingga BPS harus merekrut Anda sebagai petugas lapangan pada program Sensus Pertanian 2023?

Saya mampu berbaur dengan banyak orang, bekerja sama dalam tim, dan menganalisis jawaban yang diperoleh.

Baca Juga : Cuti Bersama Lebaran 2023 Ditambah dan Dimajukan, Ini Alasanya

Sekilas Informasi Tentang Sensus Pertanian

Contoh Soal Tes Wawancara Sensus Pertanian

Pada pembahasan diatas telah kami berikan beberapa contoh soal tes wawancara sensus pertanian yang dapat kalian pelajari sebelum melakukan tes wawancara. Lalu apakah kalian mengetahui secara rinci apa itu sensus pertanian?

Sensus pertanian adalah sensus yang memiliki tujuan, dimana tujuan tersebut ialah untuk mendapatkan sebuah data statistik dari pertanian. Meliputi data yang lengkap serta akurat agar dapat memberikan gambaran secara detail struktur pertanian yang ada di indonesia.

Lalu untuk tujuan selanjutnya ialah mendapatkan sebuah sampel yang berguna dan dapat digunakan sebagai sampel untuk survei dan juga sensus pertanian selanjutnya secara rutin.

Tidak hanya itu saja, bahkan sensus pertanian memiliki fungsi, dimana dengan adanya sensus pertanian. Maka pemerintah dapat mengetahui populasi rumah tangga dan juga berbagai aspek lainnya seperti, pertanian, luas tanaman, jumlah pohon dan masih banyak lagi aspek lainnya.

Dari penjelasan diatas mengenai sensus pertanian, maka bisa diambil kesimpulan bahwa sensus pertanian memiliki peran yang penting. Agar dapat membantu kemajuan para petani di seluruh desa yang ada di indonesia.

Penutup

Itulah penjelasan yang bisa kami berikan mengenai Contoh Soal Tes Wawancara Sensus Pertanian beserta dengan jawabannya. Semoga dengan dibuatnya pembahasan ini, dapat menjadi tolak ukur dan juga gambaran bagaimana tes wawancara dilakukan.

Tes wawancara dilakukan tepatnya pada pertengahan tahun antara bulan mei, dan juga juni. Maka dari itu wajib bagi para calon petugas sensus untuk mengetahui contoh soal tes wawancara, agar dapat lolos dan berhasil masuk ke dalam salah satu anggota sensus pertanian.

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, kurang lebihnya kami mohon maaf. Dan kami mohon undur diri, sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya. Sekian dari kami dan terima kasih.

Artikel Terkait