Contoh Makalah PDF Singkat yang Baik dan Benar Lengkap

Yaser Gibran May 21, 2024

ppsdk.id – Contoh Makalah, Makalah merupakan sebuah karya tertulis dan memiliki sifat ilmiah dan pada makalah tersebut memiliki pembahasan mengenai topik pembahasan yang dibahas. Tentu dalam pembuatan makalah sering dikerjakan oleh siswa bahkan mahasiswa perguruan tinggi.

Hal ini sangat sering terjadi bahkan wajib dilalui untuk mahasiswa. Karena didalam makalah tersebut memiliki sebuah pembahasan yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan tugas pada mata pelajaran yang sedang dikerjakan.

Namun masih banyak yang belum mendalami dalam membuat makalah dan sering terjadi kesalahan dalam pembuatan makah. Oleh sebab itu disini mimin akan memberikan beberapa cara dan langkah langkah yang benar dalam pembuatan contoh makalah. Simak dibawah ini.

Tatacara Membuat Contoh Makalah Yang Baik Dan Benar

Tatacara-Membuat-Makalah-Yang-Baik-Dan-Benar

Untuk membuat sebuah karya tertulis makalah. Tentunya terdapat tatanan atau struktur yang diperlukan seperti menentukan judul terlebih dahulu. Kemudian merambah ke bahan referensi untuk membuat sebuah makalah.

Disini mimin akan memberikan langkah langkah yang harus kalian lakukan jika kalian ingin membuat sebuah makalah yang baik dan benar. Semoga langkah langkah tersebut sesuai dengan pembelajaran membuat contoh makalah yang sedang kalian kerjakan.

1. Menentukan Tema Atau Judul

Hal yang pertama sebelum kalian mengerjakan sebuah makalah yaitu. Kalian harus menentukan sebuah tema atau judul yang akan kalian bahas. Biasanya untuk mahasiswa kalian akan diberikan sebuah judul dan kalian harus mengerjakanya serta mempresentasikanya.

Hal ini merupakan salah satu tombak atau inti dari penjelasan yang akan ditulis pada makalah tersebut. Kemudian kalian baru dapat membuat makalah sesuai dengan judul yang akan kalian jadikan sebuah makalah.

2. Mengumpulkan Bahan Referensi

Mengumpulkan-Bahan-Referensi

Setelah kalian sudah menentukan judul tema yang akan kalian jadikan makalah. Selanjutnya kalian mengumpulkan bahan referensi yang akan kalian jadikan referensi. Bisa dikatakan kalian menggunakan referensi tersebut untuk menyusun makalah kalian.

Dalam mengumpulkan sebuah referensi kalian tidak hanya membutuhkan satu referensi saja. Kalian harus mengumpulkan minimalnya itu tiga bahan referensi untuk kalian jadikan panutan dalam membuat sebuah makalah.

3. Membaca Makalah Yang Sesuai Dengan Makalah Yang Akan Dibuat

Selanjutnya adalah membaca makalah tersebut. Dan satu hal lagi bahwa disaat kalian mengumpulkan sebuah referensi kalian juga harus mencari sebuah referensi yang sesuai dengan judul kalian.

Karena jika referensi dengan judul kalian tidak berkaitan atau mirip maka percuma saja kalian mengumpulkan sebuah referensi hingga banyak. Setelah kalian sudah mengumpulkan berbgai referensi yang sesuai dengan judul kalian.

Kalian baca terlebih dahulu apa saja isi dari referensi tersebut. Dengan melakukan hal tersebut akan membuat kalian tidak bingug lagi ketika kalian akan membuat sebuah makalah.

4. Kemudian Menulis Makalah Dengan Sistematis

Kemudian-Menulis-Makalah-Dengan-Sistematis

Setelah kalian membaca referensi yang kalian kumpulkan kalian dapat memulainya dengan membuat makalah tersebut. Kalian dapat menyusun sebuah makalah dengan sistematis. Yang dimaksud sitematis yaitu kalian harus membuat makalah sesuai dengan urutanya.

5. Pemberian Kutipan

Setelah kalian membuat makalah secara sistematis jangan lupa untuk memberikan sebuah kutipan. Apa itu kutipan? Yang dimaksud dengan kutipan yaitu kalian memberikan judul referensi yang kalian baca kalian tiru dan kalian jadikan contoh bahan penulisan sebuah makalah tersebut.

Dengan memberikan kutipan jangan lupa memberikan sebuah judul dan pengarang dari makalah yang sudah kalian jadikan referensi. Kemudian dengan memberikan kutipan maka makalah yang kalian buat tidak secaraalami kalian mengarang sebuah makalah tersebut.

6. Menyunting Makalah

Hal terakhir yang harus kalian lakukan yaitu kalian harus menyunting makalah yang telah kalian buat sebelum kalian mengumpulkan makalah tersebut. Kenapa demikian. Hal ini dilakukan supaya ketika ada sesuatu yang kurang pas kalian dapat merubahnya.

Jadi ketika kalian akan mempresentasikan makalah tersebut kalian akan menjadi lebih percaya diri karena makalah yang kalian buat merupakan sebuah makalah yang terbaik dari usaha kalian. namun jika makalah tersebut terdapat kesalahan yang tanpa kalian duga kalian jangan bersedih.

Karena makalah yang kalian buat berarti masih memiliki kesalahan dan dengan kesalahan tersebut kalian dapat mengerti letak kesalahan dalam membuat sebuah makalah. Itulah beberapa langkah bagaimana cara membuat makalah supaya berpeluang kecil melakukan kesalahan.

Urutan Contoh Makalah Secara Lengkap Dan Benar

Dalam membuat makalah juga terdapat urutan atau struktur yang menjadi kewajidan didalam sebuah makalah. Disini mimin akan memberikan urutan dalam penulisan makalah yang lengkap dan benar.

Dengan struktur penulisan makalah yang tepat membuat makalah tersebut dapat dibaca dan sesuai dengan standar penulisan makalah yang baik dan benar. Berikut adalah urutan dalam penulisan makalah secara lengkap dan benar.

1. Cover

Cover adalah sampul dari makalah yang kalian buat. Didalam cover tersebut terdapat sebuah judul, logo, dan tempat serta tahun terbitnya sebuah makalah. Dan pada umumnya dalam pembuatan cover makalah menggunakan rata tengah.

2. Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan sebuah bagian yang diharuskan ada dalam penulisan sebuah makalah. kata pengantar merupakan sebuah fungsi sebagai bahan antar supaya si pembaca memiliki pandangan secara umum dari makalah yang telah dibuat.

3. Daftar Isi

Daftar isi adalah rangkuman sub judul yang terdapat dalam makalah tersebut. Dengan adanya daftar isi akan lebih mudah dalam menemukan segala yang ada dalam penulisan makalah yang telah dibuat.

4. Pendahuluan

Selanjutnya yaitu pendahuluan, nah dalam pendahuluan terdapat sebuah subab yang harus kalian ketahui. Terdapat 3 subab yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan.

5. Pembahasan

Kemudian pembahasan, pembahasan merupakan sebuah jantung dari makalah tersebut atau inti dari makalah yang telah dibuat. Dan juga pembahasan harus berkaitan dengan latar belakang, rumusan masalah serta tujuan yang kalian buat sebelumnya.

Didalam pembahasan terdapat sebuah landasan teori, kemudian solusi, dan penyelesaian dari suatu masalah pada makalah tersebut.

6. Penutup

Kemudian penutup, pada bagian penutup pada umumnya terdapat sebuah kesimpulan dan saran.

7. Yang Terakhir Daftar Pustaka

Dan yang terakhir yaitu daftar pustaka. Pada bagian daftar pustaka berisi tentang daftar referensi yang telah kalian gunakan untuk kalian jaadikan sebuah makalah. pada daftar pustaka kalian dapat menyamtumkan hasil referensi yang kalian gunakan.

Biasanya referensi yang kalian gunakan berupa buku, jurnal, atau dari informasi yang sudah valid yang berada pada internet. Kalian dapat menyantumkanya pada daftar isi.

Itulah beberapa langkah dan contoh dalam membuat makalah. dengan tersedianya langkah langkah yang sudah tersedia kalian dapat mengikuti langkah yang sudah diberikan. Dan jika kalian masih bingung dengan langkah langkah yang telah diberikan kalian dapat mencari referensi yang lain.

Kalian dapat mencari referensi bagaimana mem buat makalah yang baik dan benar sesuai dengan selera kalian. dengan demikian kalian akan lebih mudah dalam menyusun sebuah makalah. dan kalian tidak kebingungan lagi dalam meyelesaikan tugas membuat makalah.

Semoga informasi ini dapat membantu kalian sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang dan terimakasih…

Artikel Terkait