Teks Prosedur Berisi, Singkat, Struktur, Sederhana Bahasa Inggris

Sangun Ghani May 21, 2024

ppsdk.id | Teks Prosedur adalah sebuah teks berupa arahan meliputi langkah dan juga berbagai hal untuk menyelesaikan sebuah tugas. Dan pada kesempatan kali ini pastinya kami akan membahas secara tuntas dan detail mengenai Teks Prosedur.

Pastinya banyak dari kalian yang seringkali menemukan sebuah tulisan pada bagian belakang sebuah bungkus produk siap saji. Dimana pada bagian belakang bungkus terlihat sebuah arahan berupa teks yang mengarahkan kalian untuk melakukan berbagai hal sebelum menikmati hidangan dari produk tersebut.

Nah itu adalah contoh simpel dari sebuah teks prosedur, yang mana didalam teks tersebut berbentuk sebuah teks arahan yang akan membantu kalian untuk menyelesaikan berupa rangkaian sebelum kalian menikmati sajian dari produk siap saji.

Bagi kalian saat ini yang sedang mencari informasi lengkap mengenai Teks Prsedur, kalian dapat terus ikuti dan simak pembahasan yang kami sediakan dibawah ini. Karena dibawah ini kami telah merangkum secara lengkap mengenai Teks Prsedur.

Baca Juga : Contoh Makalah PDF Singkat yang Baik dan Benar Lengkap

Pengertian Tentang Teks Prosedur Protokol Adalah?

Pengertian-Tentang-Teks-Prosedur.

Sebelum lanjut ke pembahasan yang lebih inti dari Teks Prsedur tentunya perlu untuk kalian mengetahui pengertian tentang teks prsedur. Teks prsedur adalah sebuah teks berupa urutan atau sebuah arahan yang akan menciptkan hasil dari rangkaian yang telah kalian kerjakan sesuai arahan.

Adapun beberapa penjelasan mengenai teks prsedur dari berbagai ahli dapat disimpulkan dalam arti sebuah teks yang dapat dijadikan sebuah acuan untuk mendapatkan sebuah hasil dari rangkaian sebuah arahan.

Secara tidak sengaja, kalian sering kali menemukan teks prosuder didalam sebuah bungkus produk siap saji, seperi Mie dan masih banyak lagi. Dibalik bungkus mie terdapat sebuah arahan yang bisa kalian ikuti untuk memasak sebuah mie yang bisa dinikmati menjadi lebih sedap dan nikmat.

Baca Juga : Daftar Riwayat Hidup Contoh PDF Buat Melamar Kerja, Mudah Kok

Tujuan Dari Teks Prosedur Kompleks

Tujuan-Dari-Teks-Prosedur.

Jika di telaah dari pembahasan yang telah kami berikan diatas, maka bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa tujuan dari teks prsedur adalah memberikan sebuah kemudahan berupa petunjuk bagi semua orang untuk menyelesaikan sebuah hal atau mendapatkan sebuah hasil dari sebuah aktifitas.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya teks prsedur maka semua orang dapat menjadi lebih mudah untuk memahami hal baru yang mungkin terasa asing. Seperti contoh membuat mie, walaupun sudah umum pastinya ada beberapa orang yang tidak mengetahui bagaimana cara memasak dan membuat mie.

Dengan adanya bantuan teks prosedur, maka orang bisa menjadi lebih mudah untuk memahami bagaimana cara membuat dan memasak mie sesuai rangkaian teks prosuder yang telah tersedia di bagian belakang bungkus.

Struktur Untuk Membuat Teks Prosedur

Struktur-Untuk-Membuat-Teks-Prosedur

Sebelum membua teks prosedur, maka perlu kalian ketahui bahwa terdapat struktur yang berlaku pada penulisan teks prosedur. Struktur dari teks tersebut meliputi tujuan, material, langkah-langkah dan juga kesimpulan.

Nah bagi kalian yang saat ini mungkin belum mengetahui penjelasan lengkap dari struktur untuk membuat teks prosedur. Kalian dapat menyimak beberapa penjelasan yang telah kami sediakan dibawah ini.

Tujuan

Sebelum membuat teks, maka penulis perlu memberikan sebuah gambaran hasil dari teks yang akan dibuat. Dan memberikan penjelasan tujuan dibuatnya teks tersebut, sehingga orang akan menjadi lebih mudah untuk memahami serangkaian aktifitas yang akan dilakukan.

Material

Struktuk material menjadi struktur yang paling penting, karena tidak adanya material maka langkah untuk mencapai hasil tidak akan tercapai. Material bisa tergolong sepeti alat dan bahan dalam pengerjaan sebuah aktiftias untuk mendapatkan hasil.

Langkah-Langkah

Lalu setelah struktur tujuan dan material telah disiapkan, maka penulis bisa memulai untuk memberikan sebuah langkah-langkah yang akan membantu orang-orang untuk mendapatkan sebuah hasil dari sebuah rangkaian teks yang telah kalian buat.

Perlu di garis bawahi bahwa ketika membuat sebuah langkah-langkah, maka kalian perlu menulis langkah-langkah secara berurutan. Sehingga orang-orang tidak akan merasa bingung untuk mengerjakan sebuah hal untuk mendapatkan hasil yang dibutuhkan.

Dan pastikan kalian membuat langkah-langkah yang mudah dipahami dan dibaca oleh semua orang. Agar semua orang menjadi lebih mudah untuk mengerjakan perintah sesuai teks prosedur yang telah kalian buat.

Kesimpulan

Untuk struktur terakhir yang bisa kalian sematkan dalam teks prosedur ialah sebuah kesimpulan. Dimana kesimpulan ini berisikan tentang hasil yang akan kalian dapatkan apabila telah mengikuti semua rangkaian teks prosedur yang telah kalian tulis.

Namun kesimpulan ini bersifat opsional, yang mana kesimpulan ini bisa ada dan juga bisa tidak. Karena setiap orang pastinya akan mengetahui hasil dari sebuah rangkaian yang telah dilakukan. Tetapi untuk memberikan sebuah kejelasan yang detail, struktur ini bisa kalian sematkan.

Ciri-Ciri Dari Teks Prosedur

Tidak berbeda seperti teks pada umumnya, dimana teks prsedur memiliki sebuah ciri-cirinya tersendiri. Dan mungkin tidak banyak dari kalian yang mengetahui hal ini, nah untuk memberikan penjelasan yang detail, kalain bisa simak beberapa ciri dari teks prsedur dibawah ini.

  • Teks prosedur dibuat menggunakan sebuah kata atau kalimat perintah
  • Didalam teks, maka kalian akan menemukan sebuah arahan atau panduan yang tersemat.
  • Teks prosedur menggunakan sebuah kata kerja yang bersifat aktif
  • Kalimat atau kata yang tersaji menggunakan sebuah kata hubung atau konjungsi
  • Tersedia sebuah aturan
  • Menyematkan sebuah keterangan meliputi banyak hal sesuai teks digunakan untuk apa.
  • Langkah-langkah tersedia secara urut

Berbagai Jenis Teks Prosedur

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri yang dimiliki teks prsedur, untuk pembahasan selanjutnya kalian perlu memahami beberapa jenis teks prsedur. Karena teks prsedur memiliki banyak sekali jenis, hingga berjumlah 3 jenis.

Untuk lebih lengkapnya mengenai jenis teks prsedur, kalian dapat menyimak dan mengetahuinya melalui ulasan dibawah ini.

Teks Prosedur Sederhana

Untuk jenis pertama yang ada didalam teks prsedur, ialah teks sederhana. Dimana pada teks jenis ini biasanya teks hanya berisikan sebuah langkah-langkah singkat yang berjumlah maksimal 3 langkah saja.

Teks Prosedur Kompleks

Untuk jenis selanjutnya yang ada didalam teks prsedur ialah jenis teks prsedur kompleks. Dimana teks jenis ini berisikan sebuah perintah didalam perintah, yang mana jenis teks ini akan berisikan sebuah arahan yang sangat detail dan juga lengkap.

Teks Prosedur Protokol

Untuk jenis teks prsedur terakhir yang perlu kalian ketahui ialah jenis teks prsedur protokol. Dimana teks jenis ini berisikan sebuah langkah-langkah yang bisa digunakan untuk mendapatkan sebuah hasil dengan cara yang dibalik.

Untuk prsedur protokol ini bisa sangat cocok digunakan apabila kalian menujukan teks bagi orang yang sudah mulai kekurangan fokus, seperti orang berumur 50+.

Penutup

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami berikan mengenai Teks Prosedur, semoga pembahasan yang telah kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk kalian semua. Dan juga dapat menjadi sumber informasi yang akurat mengenai teks prosedur.

Sekian dari kami, dan kami mohon maaf apabila masih terdapat sebuah kesalahan dalam penjelasan. Sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya. Terima kasih.

Artikel Terkait