Cara Mengisi Token Listrik Sendiri Online Lewat Dana & Pulsa

Bagus Andika July 16, 2024

Cara Mengisi Token Listrik di bawah ini bisa kamu gunakan jika kamu baru pertama kali menggunakan listrik berbayar. Karena mungkin saja kamu mengalami beberapa kesulitan pada saat pertama kali melakukan pengisian pada token listrik.

Listrik berbayar sendiri adalah skema pembayaran listrik yang baru diterapkan dengan mengusung metode dan cara pengisian yang hampir mirip dengan pengisian pulsa.

Berbeda dengan pulsa pascabayar yang biasa kita kenal dari dulu yang mana kita akan menggunakan aliran listrik terlebih dahulu. Lalu tagihan akan diberikan di akhir bulan untuk kita bayarkan.

Sedangkan listrik dengan menggunakan token ini, harus kita isi terlebih dahulu agar nantinya bisa digunakan. Jika token habis maka listrik akan padam tentunya. Kira-kira sistemnya sama seperti pulsa ya.

Dan untuk bisa menggunakan layanan listrik ini pun kita harus membeli pulsa atau token listrik yang nantinya harus kita masukkan ke meteran. Agar aliran listrik bisa hidup dan digunakan.

Baca Juga: Link Download Photocall TV Apk Japan, Indonesia, Thailand Gratis

Paduan Cara Mengisi Token Listrik untuk Pemula

Cara untuk mengisi token listrik ke meteran sendiri dapat kamu lakukan dengan mudah kok. Bahkan kamu bisa melakukannya sendiri tanpa membutuhkan bantuan petugas PLN.

Pada dasarnya caranya hanyalah dengan membeli pulsa atau token listrik terlebih dahulu. Lalu nantinya kamu akan mendapatkan kode khusus yang harus kamu masukkan ke meteran.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah panduan Cara Mengisi Token Listrik:

  • Sebelum mengisi token atau pulsa listrik, kamu harus membeli voucher atau pulsa token listrik terlebih dahulu dengan nominal sesuai kebutuhan kamu.
  • Setelah membeli voucher token listri, maka nantinya kamu akan mendapatkan 20 digit angka yang nanti harus kamu masukkan ke meteran.
  • Selanjutnya kamu harus memeriksa dan memasukkan 20 digit angka tersebut dengan benar ke meteran listrik prabayar. Pastikan angka yang kamu masukkan benar dan tidak salah satu angka pun. Karena jika salah maka token listrik tidak akan berhasil masuk.
  • Jika kamu sudah yakin memasukkan nomor yang benar, maka kamu bisa menekan tombol Enter yang ada di papan meteran.
  • Apabila angka yang kamu masukkan benar, maka layer meteran akan memberikan notifikasi benar atau accept yang menunjukkan jika token berhasil dimasukkan.
  • Selain itu, angka pada meteran pun akan bertambah sesuai dengan jumlah nominal token yang kamu masukkan.

Beberapa Cara Membeli Token Listrik dengan Mudah

Sebenarnya, sebelum kamu tahu cara Cara Mengisi Token Listrik pastikan kamu juga sudah tahu bagaimana cara membeli token listrik. Tapi sebenarnya caranya juga cukup mudah saja kok.

Karena caranya hampir sama dengan cara membeli pulsa, pastinya kamu juga sudah tahu kan bagaimana cara membeli pulsa.

Apalagi di era digital seperti sekarang ini, yang semakin memudahkan kamu untuk membeli voucher token listrik dengan berbagai cara. Baik menggunakan dompet digital hingga transfer bank.

Dan berikut ini adalah cara membeli token listrik:

Baca Juga: Link Download Game Tipe X Trondol Mod Apk Unlimited Money

1. Beli Lewat Agen Pulsa Secara Langsung

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan datang ke agen pulsa secara langsung untuk membeli voucher token listrik. Tata caranya pun hampir sama dengan membeli pulsa.

Cuma yang membedakannya adalah, di sini kamu membutuhkan ID Pelanggan. Nantinya kamu bisa datang ke agen pulsa lalu berikan ID Pelanggan milik kamu, isi sesuai nominal yang kamu inginkan. Maka kamu akan diberikan 20 digit kode angka yang nantinya harus kamu masukkan ke meteran.

2. Via Aplikasi M-Banking

Jika kamu tidak ingin repot keluar rumah untuk beli voucher listrik ke agen pulsa. Maka kamu bisa membeli token pulsa lewat aplikasi M-Banking. Caranya juga sama, cukup buka aplikasinya lalu masukkan ID Pelanggan, pilih nominal pembelia, lalu lakukan pembayaran dan kamu akan mendapatkan 20 digit kode.

Hampir semua aplikasi M-Banking menyediakan layanan ini, mulai dari BCA Mobile, Aplikasi Brimo, Livin by Mandiri dan masih banyak yang lainnya.

3. Via Dompet Digital

Kini kamu bahkan bisa membeli voucher token listrik lewat dompet digital seperti DANA, OVO, GoPay dan lainnya dengan cara yang sama seperti membeli pulsa. Intinya kamu tinggal memasukkan ID Pelanggan, pilih nominal token listrik yang akan dibeli lalu lakukan pembayaran.

4. Via MarketPlace

Hampir sama dengan dompet digital, berbagai marketplace yang ada di Indonesia juga menyediakan voucher token listri. Sebut saja seperti Tokopedia, Shopee hingga Lazada.

Selain lebih praktis, membeli token listrik di marketplace tertentu juga lebih hemat karena biasanya harganya lebih murah. Bahkan kamu bisa mendapatkan voucher potongan harga hingga cash back yang cukup menggiurkan.

Apa yang Terjadi Jika Salah Memasukkan Nomor Token?

Ingat ya, jika nomor token yang kamu masukkan salah, maka token tidak akan berhasil dimasukkan. Sehingga pastikan untuk selalu memeriksa nomor token sebelum tekan Enter.

Lalu bagaimana jika kamu terlanjur memasukkan nomor yang salah?

Tenang saja, karena jika hal ini terjadi maka kamu bisa menghapus nomor token yang kamu masukan dengan menekan tombol Backspace yang ada pada papan meteran.

Lalu kamu bisa memasukkan kembali nomor token secara perlahan dan lebih teliti agar tidak melakukan kesalahan. Namun jika nomor token yang salah sudah terlanjur kamu tekan Enter. Maka tidak akan terjadi masalah kok, token listrik tidak akan hangus. Dan kamu bisa memasukkan nomor token kembali lagi dari awal.

Namun jika terus melakukan kesalahan pastinya akan sangat menyebalkan bukan. Untuk itu pastikan jika kamu berhasil memasukkan nomor token dengan benar.

Bagaimana Cara Cek Sisa Token Listrik?

Untuk masa penggunaan token litrik biasanya terganggung pada pemakaian, semakin sering kamu menggunakannya maka token listrik juga akan semakin cepat habis. Ya, hampir sama dengan penggunaan pulsa.

Namun secara umum, token listrik dengan nominal sebesar Rp 200 ribu dapat bertahan dalam satu bulan.

Tapi tetap pastikan jika kamu terus memantau dan memeriksa sisa saldo token listrik. Karena akan repot jika saldo listrik tiba tiba habis di malam hari karena lupa isi ulang. Dan cara memeriksa sisa token listrik pun berbeda tergantung pada merk meterannya, kira kira berikut ini caranya:

  • Hexing: Tekan kode 801 lalu Enter.
  • Itron: Tekan kode 09 lalu Enter.
  • Glomet: Tekan kode 37 lalu Enter.
  • Star: Tekan kode 07 lalu Enter.

Apakah Token Listrik dapat Kadaluarsa atau Hangus?

Sebenarnya masa aktif token listrik itu tidak memiliki kadaluarsa atau bisa bertahan selamanya. Sehingga meskipun masih ada sisa token atau saldo listrik. Maka saldo tersebut tidak akan pernah hangus.

Selain itu, nomor token listrik yang kamu beli juga tidak memiliki masa aktif loh. Hal ini memungkinkan kamu untuk bisa menggunakannya dengan masukkan ke meteran kapan saja.

Misalnya saja, kamu membeli voucher token listrik hari ini, namun baru memasukkan kode token listrik tersebut 7 hari kemudian. Maka token listrik tersebut tetap bisa masuk ke dalam meteran dan menambah saldo token listrik kamu.

Asalkan kode voucher token listrik tidak hilang, maka kamu bisa menggunakannya kapan saja tanpa takut kadaluarsa.

Baca Juga: Perfect Piano Mod Apk 2023 (Full Unlocked) Download v7.6.9

Akhir Kata

Pastikan sebelum tahu bagaimana Cara Mengisi Token Listrik, kamu juga harus tahu bagaimana cara membeli token listrik. Karena hal ini tentu saja sangat penting, mengingat kamu harus memasukkan 20 digit token ke meteran agar layanan listrik bisa kembali digunakan.

Artikel Terkait