Dijamin Ampuh! Cara Mengusir Curut Didalam Rumah Dengan Ini

Yaser Gibran June 21, 2024

Cara mengusir curut atau tikus got menggunakan bahan alami dikatakan lebih ampuh daripada menggunakan bahan kimia. Hal ini sebaiknya kamu pahami untuk mencegah datangnya tikus ke dalam rumah.

Di antara kamu mungkin banyak yang menganggap curut atau tikus sebagai musuh bebuyutan di rumah. Selain berisik, curut juga bisa memicu aroma yang tidak sedap dan membawa bakteri di dalam ruangan.

Baca Juga : Cara Dapat Kuota Gratis Indosat 2023 Tanpa Pulsa dan Aplikasi

Namun siapa sangka, mengusir curut bisa kamu lakukan menggunkan bahan-bahan herbal yang ada di rumah. Ingin tahu caranya? Simak selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

4 Cara Ampuh Mengusir Curut Menggunakan Bahan Alami

cara mengusir curut

Sejauh ini, curut atau tikus memang masih menjadi hama pengganggu di rumah. Karena datangnya tikus yang dalam keadaan kotor juga membawa bakteri yang dapat memicu masalah kesehatan si pemilik rumah.

Fenomena seperti ini memang sebaiknya segera diselesaikan untuk meningkatkan kenyamanan di dalam rumah. Dan di bawah ini, kamu bisa temukan berbagai cara mengusir curut dengan memanfaatkan beberapa bahan herbal dan alami yang pastinya bisa kamu jangkau dengan mudah di rumah.

1. Cara Mengusir Curut Menggunakan Kantung Teh Bekas

1.-Cara-Mengusir-Curut-Menggunakan-Kantung-Teh-Bekas

Pada dasarnya, salah satu cara mengusir curut yang paling ampuh adalah dengan pemanfaatan beberapa bahan dengan aroma yang tidak disukai curut. Salah satunya adalah pemanfaatan kantung teh bekas karena aroma tersebut tidak disukai tikus got.

Saat ini, pemanfaatan bekas seduhan kantung teh memang dipercaya memiliki banyak khasiat pada kesehatan. Dan siapa sangka, kantung bekas seduhan teh juga dapat menghasilkan aroma yang tidak disukai curut.

Sehingga ibu-ibu di rumah akan sangat disarankan untuk tidak membuang langsung bekas seduhan teh. Hal ini berlaku untuk semua jenis seduhan teh, baik yang berkantung atau tidak.

Kamu bisa letakkan kantung teh bekas di beberapa sudut yang sering dijangkau curut sebagai penangkal. Karena pada kantung teh bekas terdapat kandungan yang dapat memperburuk penciuman si curut yang tentunya tidak disukai curut.

2. Cara Mengusir Curut Menggunakan Cuka Dapur

cara mengusir curut

Selain itu, ibu-ibu di rumah juga bisa menggunakan cuka dapur sebagai penangkat curut yang sangat ampuh. Bahan dapur cuka itu sendiri memang memiliki aroma yang khas dan memang tidak disukai curut.

Sedangkan untuk pengaplikasian cuka dapur untuk mengusir tikus dan curut adalah dengan mengoleskan tempat sarang curut. Sebelumnya mungkin kamu bisa pastikan terlebih dahulu dimana saja titik atau sudut yang sering dijangkau oleh curut.

Setelah menemukan sudut yang biasa digunakan sebagai sarang curut, kamu bisa gunakan cuka dapur untuk campuran cairan pembersih lantai. Atau lebih mudahnya, kamu bisa bersihkan/pel lantai menggunakan cuka dan kemudian dibersihkan kembali menggunakan cairan pembersih lantai.

Dengan aroma yang dimiliki cuka dapur tersebut, tikus dan curut tidak akan lagi bersarang di rumah.

3. Cara Mengusir Curut Menggunakan Kapur Barus

cara mengusir curut

Selain itu, salah satu cara mengusir curut adalah dengan penggunaan kapur barus. Kapur barus sendiri memang dikenal memiliki aroma yang sangat menyengat.

Karena tikus dan curut tidak menyukai tempat yang bersih, kapur barus sendiri juga bisa menjadi bahan yang ampuh untuk mengusir curut. Ibu-ibu bisa letakkan kapur barus di beberapa sudut rumah yang berpotensi dijangkau curut dan tikus got untuk mengusirnya.

Penggunaan kapur barus itu sendiri juga terbilang lebih efektif, karena bahan dasarnya yang tahan lama dan tidak mudah meleleh di suhu ruangan.

4. Mengusir Curut dengan Bahan Herbal dan Buah-buahan

4.-Mengusir-Curut-dengan-Bahan-Herbal-dan-Buah-buahan

Selain beberapa tips dan cara mengusir curut yang telah disebutkan, perlu kamu ketahui bahwa kamu juga bisa gunakan beberapa bahan herbal atau buah-buahan untuk menangkal masuknya curut ke dalam rumah.

Tetapi perlu digarisbawahi, bahwa tidak semua buah-buahan dan sayur dapat menangkal tikus. Ada beberapa sayuran atau buah yang malah mengundang datangnya tikus.

Beberapa jenis bahan herbal dan buah-buahan yang dikenal cukup efektif untuk mengusir curut di antaranya:

  • Kulit telur
  • Daun sirsak
  • Buah mengkudu
  • Bubuk kopi
  • Bubuk cabai
  • Bawang putih
  • Kulit durian

Masih banyak lagi bahan dapur, herbal dan buah-buahan yang bisa menjadi penangkal curut yang ampuh. Pengaplikasiannya sendiri juga bisa disamakan dengan beberapa cara sebelumya.

Beberapa Tips Agar Curut Tidak Masuk Rumah

cara mengusir curut

Setelah mengetahui beberapa bahan yang dapat digunakan untuk mengusir curut, ibu-ibu di rumah sudah bisa memulai mengaplikasikan beberapa bahan tersebut untuk mengusir hama ini.

Namun, masih ada beberapa tips lain yang bisa kamu lakukan untuk mencegah tikus dan curut datang ke rumah. Tips di bawah ini bisa kamu lakukan sembari menggunakan beberapa cara mengusir curut yang telah mimin jelaskan di atas.

Menutup Semua Celah atau Lubang

Tips pertama adalah dengan menutup lubang atau celah di dinding atau lantai. Seperti yang kita tahu, curut memang akan terus datang setiap harinya jika sudah menemukan akses masuk ke dalam rumah.

Sehingga jalan keluar dan masuknya juga tidak akan berpindah-pindah. Jadi, kamu bisa tutup beberapa celah yang memungkinkan dilewati curut.

Seperti menurup lubang kecil di dinding, lubang pintu, lubang saluran air di kamar mandi dan sebagainya. Dengan menutup beberapa celah tersebut, tikus tidak akan mendapatkan akses masuk ke dalam rumah lagi.

Mengkondisikan Ruangan Agar Tetap Kering

Cara lain untuk mencegah curut masuk ke dalam rumah adalah mengkondisikan ruangan agar tetap kering. Karena curut adalah hewan yang sangat suka dengan ruangan lembab dan bahas, seperti kamar mandi, saluran pembuangan air dan sebagainya.

Sehingga kamu juga perlu membersihkan semua ruangan dan tetap menjaga kelembabannya agar tidak mengundang datangnya curut.

Memelihara Hewan Peliharaan Untuk Mengusir Tikus

Tidak hanya pemanfaatan bahan herbal dan dapur untuk mengusir curut, kamu juga bisa mencegah datangnya tikus dengan memelihara hewan peliharaan.

Di ketahui, saat ini terdapat beberapa opsi binatang peliharaan yang dapat dipelihara di rumah sebagai pengusir curut dan tikus. Seperti kucing, anjing dan beberapa hewan lain yang dapat mengejar tikus.

Mengusir dengan Aroma yang Tidak Disukai Tikus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini memang ada banyak pilihan cara mengusir curut yang bisa dilakukan.

Cara yang terakhir adalah pemanfaatan beberapa bahan yang memiliki aroma menyengat untuk mengusirnya. Pengaplikasiannya bisa dengan mengoleskan bahan dengan aroma yang tidak disukai curut pada spot tertentu atau yang biasa menjadi sarang curut.

Penggunaan beberapa bahan yang memiliki aroma mengengat tidak akan membuat tikus bertahan lama di rumah. Sehingga tikus tidak akan berani kembali lagi jika menemukan aroma-aroma tersebut.

Dengan berbagai tips dan cara mengusir tikus atau curut di atas, tidak akan lagi kekhawatiran munculnya berbagai masalah kesehatan. Hal ini tentunya perlu kamu ketahui sebagai penghuni rumah untuk menciptakan suasana dalam rumah yang lebih nyaman.

Artikel Terkait