Kode Bank Mandiri Transfer Kesemua Bank Dan Akun Paypal

Bagus Andika April 1, 2023

Kode Bank Mandiri merupakan kombinasi nomor yang digunakan untuk kebutuhan transfer antar bank, dari bank Mandiri ke bank lain. Bank Mandiri sendiri merupakan salah satu bank BUMN yang telah hadir untuk memberikan pelayanan perbankan bagi masyarakat Indonesia selama 24 tahun belakangan.

Selain itu, Bank ini sendiri adalah bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dengan menggabungkan empat bank sekaligus. Dan setiap bank memiliki peran penting untuk membangun perekonomian.

Untuk membantu melancarkan setiap transaksi nasabahnya, Bank Mandiri pun membutuhkan sebuah identitas asli yang disebut dengan kode bank. Dengan fungsi untuk membantu proses transfer antar bank.

Baca Juga : Daftar Pinjaman Online (Pinjol) Legal Bunga Rendah Update 2023

Berapa Kode Bank Mandiri?

Kode nomor untuk Bank Mandiri sendiri adalah 008. Sedangkan untuk kode nomor bagi Bank Mandiri Syariah Indonesia atau kini dikenal dengan BSI adalah 451.

Kode bank memang berfungsi untuk melakukan transfer uang dari Bank Mandiri ke bank lain yang berbeda. Karena saat melakukan transfer ke rekening lain, maka kamu akan diminta untuk memasukkan nomor kode bank sebelum nomor rekening tujuan.

Dengan mengetahui nomor kode ini, maka kamu bisa dengan mudah melakukan transfer ke antar bank menggunakan rekening Bank Mandiri. Caranya cukup memasukkan kode bank tujuan lalu masukkan nomor rekening yang kamu tuju.

Contohnya seperti: 008432999999.

Tiga angka yang pertama merupakan kode dari Bank Mandiiri yang nantinya bisa diikuti dengan nomor rekening yang kamu tuju.

Jangan lupa juga untuk memasukkan nilai nominal uang yang akan kamu transfer dengan benar. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara transfer dengan menggunakan kode dari Bank Mandiri:

  • Pergi ke mesin ATM terdekat.
  • Lalu masukkan kartu ATM bersamaan dengan enam digin PIN ATM kamuy a.
  • Lanjutkan dengan memilih menu Transfer.
  • Kemudian pilih opsi Transfer Antar Bank atau ke Bank Lain.
  • Di sini kamu bisa memasukkan kode bank lalu dilanjutkan dengan nomor rekening Bank Mandiri tujuan.
  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan nomial uang yang akan kamu kirim atau transfer.
  • Dan jika semuanya sudah benar, maka kamu tidak mengikuti instruksi yang diberikan. Maka proses transfer pun sudah berhasil.

Baca Juga : 10 Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya Resmi OJK Limit 10 Juta

Fungsi dan Kegunaan Kode Bank Mandiri

Setiap bank di Indonesia pastinya memiliki kode unik tersendiri termasuk juga dengan Bank Mandiri. Kode ini memiliki fungsi untuk mempermudah proses transaksi baik itu melalui SMS Banking, ATM hingga M-Banking.

Dan berikut ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan dari kode yang ada di Bank Mandiri:

1. Merupakan Identitas Bank

Kode dari berbagai bank yang ada di Indonesia sudah pasti berbeda karena memiliki fungsi sebagai identitas dari bank tersebut. Sehingga tanpa adanya kode tersebut, maka transaksi antar bank atau antar rekening pun tidak dapat dilakukan.

Kode bank sendiri merupakan deretan angka yang digunakan oleh masing masing bank untuk membantu proses identifikasi.

Karena kode ini memang sengaja dibuat untuk membedakan antara bank satu dengan bank lain dan digunakan agar menghindari resiko terjadinya kesalahan dalam melakukan transaksi.

Sehingga dengan adanya kode ini, uang yang akan kamu transfer tidak akan salah nomor rekening.

2. Memudahkan Proses Transaksi

Fungsi lain dari kode ini juga adalah sebagai perantara yang akan mempermudah proses transaksi transfer uang. Sehingga pada saat kamu melakukan transfer sejumlah uang ke nomor rekening Mandiri dari nomor rekening bank berbeda.

Maka kamu bisa memastikan jika uang tersebut terkirim, sebab kamu memasukkan nomor atau kode bank yang benar.

Selain itu, jika kamu melakukan kesalahan dengan memasukkan nomor kode yang salah. Maka uang yang kamu transfer akan gagal. Sehingga dengan adanya kode ini, maka resiko kesalahan dalam proses transaksi bisa diminimalisir.

Baca Juga : 10 Aplikasi Penghasil PayPal Tercepat Langsung WD Ke Rekening

Cara Transfer dengan Menggunakan Kode Bank Mandiri via ATM, SMS Banking dan M-Banking

Sebagai nasabah bank Mandiri sudah pasti kamu harus mengetahui kode khusus ini dan bagaimana cara transfer dengan menggunakan kode bank melalui berbagai cara. Mulai dari via ATM, SMS dan M-Banking.

Kode ini sendiri bersifat unik sehingga berbeda satu antara yang lainnya yang artinya setiap bank tidak memiliki kode yang sama. Umumnya kode ini terdiri dari 3 angka yang harus dimasukkan sebelum nomor rekening.

Sedangkan kode unik Bank Mandiri adalah 008 dan berikut ini adalah cara menggunakannya:

1. Transfer Via ATM

Cara transfer yang pertama adalah dengan melalui ATM yang tersebar di seluruh wilayah di tanah air. Kamu dapat menggunakan mesin ATM Bank Mandiri terdekat. Atau mesin ATM Bank lain dengan logo Link.

Untuk proses transfer ke sesame rekening Bank Mandiri bisa kamu lakukan tanpa dikenakan biaya administrasi sama sekali alias gratis.

Akan tetapi untuk transaksi transfer antar bank akan dikenakan biaya administrasi Rp 6.500 per transaksi.

Kode unik ini bisa kamu gunakan jika ingin transfer dari bank lain ke Bank Mandiri. Sedangkan untuk transfer ke sesama Mandiri, tidak membutuhkan kode bank ya.

2. Transfer Via SMS Banking

Cara berikutnya yang juga bisa kamu gunakan adalah dengan memanfaatkan layanan SMS Banking Mandiri. Layanan ini bisa kamu gunakan untuk beberapa keperluan selain transfer. Yakni untuk memeriksa sisa saldo, membayar tagihan, membeli pulsa dan lain lain.

Untuk menggunakan layanan ini sendiri, kamu bisa mengirimkan pesan dengan menggunakan format TRT #Berita (gunakan maksimal 20 karakter) lalu kirimkan SMS ke nomor 3355.

Setiap transaksi dengan menggunakan SMS akan dikenakan biaya Rp 500 hingga Rp 1.000 / SMS.

Sedangkan untuk menggunakan layanan ini, kamu dapat mengaktifkannya lewat ATM. Atau kamu juga bisa melakukan aktivasi SMS Banking dengan cara menghubungi nomor Mandiri Call.

3. Transfer Via Aplikasi Livin Mandiri

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan adalah memanfaatkan layanan dari internet banking Bank Mandiri. Bank Mandiri sendiri sudah meluncurkan aplikasi resminya yang bernama Livin Mandiri.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa melakukan berbagai transaksi baik lewat aplikasi mobile maupun website.

Aplikasi Libin Mandiri sendiri memberikan penawaran layanan yang sangat lengkap. Sehingga menjadikan aplikasi sebagai salah satu komitmen nyata dari Bank Mandiri yang ingin memberikan kemudahan bagi nasabah dalam setiap transaksinya.

Transaksi pun tidak hanya bisa dilakukan dengan mudah namun juga lebih aman, dan berikut adalah cara transfer dengan menggunakan aplikasi Livin Mandiri:

  • Tentunya kamu harus memiliki aplikasi Livin Mandiri lalu buka aplikasi ini.
  • Lanjutkan dengan memilih menu Transfer ke Tujuan Baru.
  • Di sini kamu bisa memilih nama Bank tujuan lalu masukkan nomor rekening yang benar. (Untuk transfer melalui aplikasi Livin Mandiri sendiri, bisa kamu lakukan tanpa harus memasukkan kode Bank Mandiri ya).
  • Lalu cek nama dan nomor rekening penerima, apakah sudah benar. Jika sudah benar, bisa langsung klik Lanjut.
  • Lanjutkan dengan memasukkan nominal uang yang akan kamu kirimkan atau transfer, selesaikan prosesnya dengan klik opsi Lanjut.
  • Kemudian layer akan meminta verifikasi dengan cara memasukkan EPIN.
  • Di sini kamu harus memasukkan EPIN dengan benar, maka sistem pun akan memberikan notifikasi jika dana telah terkirim ke nomor rekening tujuan.

Baca Juga: Game Penghasil Saldo DANA Tercepat Tanpa Iklan Update 2023

Akhir Kata

Tidak hanya unik, kode Bank Mandiri ini juga memiliki berbagai fungsi dan kegunaan yang pastinya sangat bermanfaat bagi nasabah bank ini. Terutama untuk proses transaksi dana atau transfer uang.

Artikel Terkait