Cara Menghilangkan Iklan di HP Tanpa Aplikasi, Buat Pemula

Bagus Andika July 16, 2024

Cara Menghilangkan Iklan di HP sebenarnya sangat mudah namun ada banyak cara yang bisa dilakukan sehingga sering membuat bingung. Karena tidak tahu harus menggunakan cara yang mana yang tepat dan bisa 100% work bagi Hpnya.

Iklan sendiri biasanya muncul di smartphone kelas menengah ke bawah karena harganya yang murah. Sehingga pihak smartphone menyematkan iklan untuk mendapatkan hasil keuntungan dari penjualan smartphone.

Sebab dengan harga yang murah, pengguna bisa mendapatkan smartphone dengan spesifikasi terbaik di kelasnya. Dan tentu saja biaya untuk memberikan spesifikasi tersebut tidaklah murah. Namun karena ponsel tersebut memang diperuntukkan untuk kelas menengah ke bawah. Maka harga jual dari smartphone tersebut pun harus ditekan sedemikian rupa agar lebih murah.

Namun sayangnya keberadaan iklan tentu saja sangat mengganggu bagi para pengguna smartphone. Bahkan kadangkala bisa membuat smartphone bekerja kurang stabil karena iklan terus saja muncul.

Selain itu, biasanya iklan muncul juga karena adanya settingan dari beberapa aplikasi dan bawaan browser yang tidak kamu sadari. Nah, biar nggak muncul dan mengganggu lagi. Berikut adalah cara menghilangkannya.

Baca Juga: Redmi Note 12 Pro 5G Harga dan Spesifikasi, Kapan Rilis di Indonesia?

Beberapa Cara Menghilangkan Iklan di HP dengan Mudah

Menghilangkan Iklan di HP

Kehadiran iklan memang selalu mengganggu. Tidak hanya iklan di dalam video dan aplikasi saja. Iklan yang muncul di smartphone juga dianggap sebagai pengganggu. Karena kemunculannya bukan hanya mengganggu namun juga bisa membuat kinerja smartphone menjadi lambat dan tidak stabil.

Apalagi jika smartphone yang kamu miliki masih menggunakan spesifikasi rendah. Tentu saja ini akan memberikan pengaruh yang besar pada HP yang kamu gunakan. Karena munculnya iklan akan membuat HP terbebani dan menjadi tidak stabil saat digunakan.

Selain itu, notifikasi yang muncul pada tayangan iklan juga membuat baterai HP menjadi cepat habis dan bahkan hingga mengakibatkan drop. Jika sudah begini, pastinya kamu membutuhkan Cara Menghilangkan Iklan di HP berikut ini:

1. Cara Menghilangkan Iklan Tiba-tiba di HP via Browser

Iklan di HP

Untuk menunjang aktifitas browsing, di dalam HP biasanya terdapat berbagai aplikasi peramban atau browser. Seperti Google Chore, Opera Mini atau UC Browser.

Maka nggak heran jika biasanya iklan iklan mengganggu muncul dari aplikasi peramban ini. Tapi kamu nggak perlu pusing, karena iklan iklan tersebut bisa dengan mudah kamu hilangkan kok.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sebuah fitur bawaan yang ada di peramban. Fitur ini sendiri bernama AdBlock.

Fungsi dari fitur ini tentu saja adalah untuk menghilangkan atau memblokir tampilan iklan. Sehingga tidak muncul terus-menerus. Nah, cara berikut ini adalah cara menghilangkan iklan dengan menggunakan AdBlock:

  • Buka aplikasi Browser yang kamu gunakan.
  • Lalu masuk ke Menu Setting atau Pengaturan di aplikasi Browser tersebut dengan cara klik ikon titik tiga yang ada di bagian kanan atas. Biasanya cara ini sama untuk hampir semua aplikasi Browser kok.
  • Setelah itu pilih opsi Setting atau Pengaturan.
  • Selanjutnya kamu bisa langsung akses menu AdBlock atau bisa juga dengan melalui Pop-Ups and Redirects. Kamu pilih saja sesuai dengan menu yang nantinya akan disediakan oleh Browser yang kamu gunakan.
  • Kemudian aktifkan Google Pop Up Redirects atau fitur AdBlock ini. Sehingga iklan iklan yang nantinya biasa muncul di Browser yang kamu gunakan akan secara otomatis terblokir atau tidak ditampilkan.

2. Cara Menghilangkan Iklan Bawaan di HP via Menu Settingan atau Pengaturan

Cara Menghilangkan Iklan

Tidak hanya bisa menggunakan fitur Adblock saja. Kamu juga bisa menggunakan cara lain untuk memblokir atau menghilangkan iklan yang ada di HP kamu lewat menu Settingan atau Pengaturan yang ada di HP.

Cara ini pun terbilang cukup mudah dan pastinya 100% work digunakan untuk menghilangkan iklan yang menyebalkan, begini caranya:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan sudah pasti adalah dengan masuk ke menu Setting atau Pengaturan di HP kamu ya.
  • Berikutnya klik Menu Aplikasi dan Pemberitahuan.
  • Lanjut dengan klik tombol Lanjutkan.
  • Berikutnya pilih pada opsi Akses Aplikasi Khusus.
  • Di sini kamu bisa memilih opsi Tampilan Aplikasi Lain yang nantinya kamu akan dibawa ke tampilan daftar aplikasi yang memiliki izin untuk menampilkan iklan pop up.
  • Kamu pun bisa menonaktifkan aplikasi mana agar tidak mengirimkan tampilan iklan lagi. Bisa beberapa atau bahkan semuanya dinonaktifkan juga bisa.
  • Caranya dengan klik nama aplikasi tersebut lalu geser posisinya ke arah posisi Nonaktif.

Baca Juga: Deretan HP Asus ROG Harga Termahal hingga Paling Murah 2023

3. Cara Menghilangkan Iklan di HP dengan Menggunakan Fitur AdBlock

Cara Menghilangkan Iklan

Sebenarnya beberapa HP sudah dibekali dengan fitur bawaan AdBlock yang berfungsi sebagai pemblokir iklan. Fitur ini sendiri bisa kamu temukan di menu Keamanan HP kamu.

Dengan begitu kamu bisa dengan mudah memblokir setiap iklan yang ada di dalam HP dengan menggunakan fitur bawaan ini.

Cara ini pun, cukup mudah dan pastinya ampuh untuk digunakan menghilangkan iklan yang ada di dalam HP, berikut ini caranya:

  • Pertama kamu harus pergi ke menu Setting atau Pengaturan yang ada di HP kamu.
  • Jika sudah masuk ke menu ini, maka kamu bisa memilih menu Keamanan, lalu pilih opsi Privacy.
  • Apabila kamu sudah masuk ke menu ini, maka kamu bisa langsung menonaktifkan Sumber Tidak Diketahui atau Unknown Sources, sehingga semua informasi atau aplikasi yang tidak diizinkan tidak dapat tampil di HP kamu. Termasuk iklan yang mengganggu.

4. Cara Menghilangkan Iklan di HP dengan menggunakan Fitur Play Protect di Play Store

Cara Menghilangkan Iklan

Baca Juga: Link Download Google Camera Apk GCam Android 9 10 11 12 13

Ada cara lain yang juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan tampilan iklan. Yakni dengan memanfaatkan fitur Play Protect yang ada di Google Play Store. Cara ini pun sebenarnya sudah banyak diketahui namun jika kamu juga belum tahu bagaimana caranya.

Maka kamu nggak perlu khawatir, karena sebagai pengguna smartphone yang ingin menghilangkan iklan yang sering sekali muncul. Kamu bisa simak panduannya di bawah ini. Yakin deh, caranya nggak hanya gampang namun juga 100% berhasil.

Berikut adalah cara untuk menghilangkan iklan yang ada di HP dengan menggunakan fitur Play Protect yang ada di Google Play Store:

  • Tentu saja langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi Google Play Store yang ada di HP kamu.
  • Lalu kamu bisa melihat foto profil pengguna yang ada di bagian kanan atas pojok ya.
  • Selanjutnya klik Ikon Profil Pengguna.
  • Lalu cari saja menu Play Protect.
  • Di sini kamu bisa klik Setting atau Pengaturan yang terletak di bagian atas layar.
  • Berikutnya kamu bisa langsung mengaktifkan Google Scan Apps With Play Project.
  • Jika fitur ini sudah aktif maka kamu sudah berhasil menonaktifkan iklan yang akan muncul di HP kamu.

Nah, kini sudah tahu kan bagaimana Cara Menghilangkan Iklan di HP yang pastinya sudah dibuktikan dan 100% bekerja dengan baik. Sehingga iklan tidak akan lagi muncul dan kamu pun bisa menggunakan HP tanpa terganggu.

Artikel Terkait