Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Terbaru 2023

Bagus Andika June 22, 2024

Surat Lamaran Kerja adalah sebuah dokumen yang wajib dilampirkan ketika akan melamar sebuah pekerjaan di perusahaan. Dokumen ini sendiri memuliki fungsi utama memberitahukan mengenai data diri si pelamar ke pihak perusahaan.

Agar pihak perusahaan juga bisa mengetahui data singkat dari si pelamar sehingga bisa memberikan posisi yang tepat bagi calon karyawannya tersebut.

Membuat surat untuk melamar sebuah pekerjaan mungkin adalah hal yang cukup menyulitkan bagi sebagian besar orang. Terutama bagi mereka yang masih seorang fresh graduate karena tidak terlalu familiar dengan dokumen satu ini.

Sehingga tidak tahu bagaimana sih, cara membuat surat untuk melamar pekerjaan yang benar. Karena dokumen ini bisa menjadi kesan utama yang akan dilihat dari recruiter.

Maka dari itu, pembuatan surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan harus diperhatikan dengan benar. Mulai dari Bahasa yang digunakan harus sopan, dokumen yang disertakan harulah lengkap. Sehingga pihak HRD bisa melirik profil kamu dan memberikan posisi pekerjaan yang kamu inginkan.

Pada dasarnya pembuatan dokumen ini tidak terlalu sulit kok. Tapi bagi kamu yang belum tahu bagaimana caranya, kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Contoh Makalah PDF Singkat yang Baik dan Benar Lengkap

Keuntungan Buat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Sebelum belajar bagaimana cara membuatnya, ketahui dulu apa saja fungsi dari surat ini. Dan berikut adalah penjelasannya:

  • Media untuk memperkenalkan diri secara tertulis dari pekerja pada pihak HRD dan perusahaan.
  • Memberitahukan posisi apa yang akan kamu lamar pada pihak HRD.
  • Memperlihatkan kualifikasi yang kamu miliki untuk membuat pihak HRD terkesan.
  • Dikirimkan bersama dengan dokumen penting yang dibutuhkan.

Jenis-Jenis Surat Lamaran Kerja Yang Sering Diterima kerja

Surat Lamaran Pekerjaan juga tersedia dalam beberapa jenis yang setiap jenisnya memiliki fungsi dan perbedaan masing masing. Kamu bisa menggunakan jenis surat yang sesuai dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar.

Dan berikut ini adalah jenis-jenisnya:

Baca Juga : Contoh Soal PPG Kemenag 2023 Terbaru + Kunci Jawabannya

1. Model Gabungan

Disebut dengan tipe gabungan karena surat ini dibuat dengan menggabungkan surat lamaran dengan Cuririculum Vitae atau CV. Sehingga di dalam surat akan berisikan mengenai profil si pelamar seperti pengalaman kerja, skill hingga riwayat Pendidikan.

Jenis surat ini akan memudahkan recruitmen untuk melihat profil si pelamar.

2. Model Terpisah

Disebut dengan model terpisah karena surat ini dibuat terpisah antara surat lamaran dengan curriculum vitae atau CV.

Jenis surat ini biasanya digunakan karena dianggap lebih efisien dan praktis. Selain itu, sebagian besar tim recruiter juga lebih menyukai jenis surat lamaran ini. Karena dianggap lebih memudahkan mereka untuk melihat kompetensi dari si pelamar.

3. Jenis Melalui Jaringan

Dokumen jenis ini biasanya sering ditemukan di dalam sebuah perusahaan apabila pelamar tersebut merupakan rekomendasi dari karyawan yang sudah lebih dulu bekerja di sana.

Rekomendasi ini biasanya diberikan ke pada recruiter untuk memperlihatkan jika si pelamar memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Surat jenis ini memiliki keunggulan yang mana bisa membantu recruiter atay perusahaan untuk mendapatkan kandidat calon karyawan yang tepat.

Sementara itu, jenis surat ini juga akan membantu si pelamar untuk mendapatkan posisi pekerjaan dengan lebih mudah karena mendapatkan rekomendasi. Sehingga menjadikan dia memiliki nilai tambah dibandingkan dengan pelamar lainnya.

4. Tipe Tradisional

Jenis surat ini umumnya tidak mengandalkan bantuan dari jaringan dan biasanya jenis surat ini adalah yang paling banyak digunakan. Terutama jika si pelamar tidak memiliki jaringan di dalam perusahaan.

Namun tentu saja untuk membuat Surat Lamaran Pekerjaan jenis ini membutuhkan effort yang lebih besar. Sebab kamu harus membuat surat lamaran yang menarik untuk membuat recruiter bisa melihat potensi dalam diri kamu.

5. Model Referral

Untuk jenis terakhir ini sebenarnya hampir mirip dengan model Surat Lamaran Pekerjaan melalui jaringan. Yakni dengan meminta karyawan yang sudah bekerja di perusahaan tempat kamu ingin melamar untuk disambungkan ke pihah HRD atau perusahaan.

Dengan harapan agar menjadi kandidat calon karyawan yang lebih kuat dibanding pelamar yang lain.

Baca Juga: Bocoran Contoh Soal Tes Wawancara Sensus Pertanian 2023

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar untuk Pemula

Bagi kamu fresh graduate dan masih bingung bagaimana cara membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang benar. Wajib kamu tahu, jika surat ini harus ditulis dengan rapi, menggunakan Bahasa yang sopan serta memuat informasi penting serta harus dibuat sesingkat mungkin.

Agar isi surat tidak terlalu panjang dan bertele-tele, namun informasi yang ingin kamu sampaikan mampu diterima dengan baik oleh recruiter.

Dan berikut ini adalah Surat Lamaran Pekerjaan yang benar:

1. Tuliskan Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Menuliskan tempat dan tanggal pembuatan surat adalah hal pertama yang harus kamu tuliskan di Surat Lamaran Pekerjaan. Contoh:

Banyuwangi, 25 Maret 2023.

2. Menuliskan Perihal dan Jumlah Lampiran Surat

Sertakan perihal dan tujuan dari surat tersebut, di sini perihal sudah pasti adalah sebagai Surat Lamaran Pekerjaan. Hal ini dilakukan agar pihak perusahaan bisa menyortir surat kamu dengan cepat.

Selain itu, tuliskan jumlah lampiran yang ada di dalam surat tersebut. Namun jika surat lamaran pekerjaan hanya digunakan dalam satu file dokumen saja. Untuk memudahkan HRD dalam memeriksa semua dokumen miliki kamu.

Contoh:

Hal: Lamaran Pekerjaan

Lampiran: 5 Lembar

3. Alamat Tujuan Surat

Tambahkan juga alamat perusahaan sebagai tujuan dari surat tersebut. Kamu pun harus benar benar memperhatikan penulisan alamat surat ini ya, dan berikut ini ketentuannya:

  • Gunakan kalimat efektif tanpa menggunakan kata Kepada dan Yth secara bersamaan, karena memiliki arti yang sama, jadi pilih salah satu saja ya. Tapi lebih baik kamu menggunakan Yth saja
  • Jangan sampai menuliskan alamat surar hingga melebihi 3 baris. Buatlah dengan singkat, pada dan jelas.
  • Tulisan Jalan sebaiknya tidak disingkat.
  • Tidak menggunakan titik (.) pada setiap baris.

Contoh:

Yth.

Personalia PSSDK.ID

di Jalan Aruji Kartawinata No. 10 A, Banyuwangi

4. Salam Hormat dan Pembuka Surat

Bagian ini cukup penting sehingga harus benar benar kamu perhatikan sebab bagian ini bisa memberikan impresi untuk si pembaca yang mana dia adalah recruiter atau pihak HRD.

Tuliskan salam pembuka dengan Bahasa sopan dan formal, biasanya akan lebih banyak menggunakan kalimat ‘Dengan Hormat’.

5. Isi Surat

Tuliskan isi surat dengan menjelasakan keperluan dari surat tersebut yang mana keperluan di sini adalah untuk melamar pekerjaan. Di sini kamu juga bisa mencamtumkan data diri sebagai pengirim dan pihak yang ingin melamar pekerjaan.

Biasanya di sini juga dicantumkan lampiran dokumen yang disertakan sebagai pelengkap.

6. Bagian Penutup

Sama seperti struktur surat pada umumnya, jika ada pembuka maka sudah pasti ada bagian penutup yang merupakan ucapan terima kasih pada pihak recruiter atau HRD. Karena sudah bersedia membaca surat lamaran yang kamu buat.

7. Salam, Nama Lengkap dan Tanda Tangan

Bagian terakhir, berikan salam penutup dan nama lengkap disertai tanda tangan di akhir surat. Selain itu, di bagian ini kamu juga bisa memasukkan daftar dokumen yang kamu lampirkan di dalam surat lamaran kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Sudah tahu kan, bagaimana cara membuat Surat Lamaran Pekerjaan. Namun jika masih bingung, kamu bisa lihat contoh di bawah ini. Agar kamu bisa memiliki gambaran yang jelas mengenai bagaiman cara membuat surat lamaran ya.

Berikut ini contohnya:

Akhir Kata

Hal yang paling penting untuk kamu perhatikan dalam Surat Lamaran Kerja adalah penggunakan kata kata yang sopan dan Bahasa yang formal. Selain itu, buatlah kalimat yang singkat namun mampu menjelaskan isi surat dengan detail.

Artikel Terkait