11 Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan beserta Surat Lamarannya

Bagus Andika April 13, 2024

Iklan Lowongan Pekerjaan sendiri sebenarnya merupakan sebuah informasi yang secara khusus dibuat oleh sebuah perusahaan. Dengan tujuan untuk memberitahukan pada banyak orang, jika perusahaan tersebut sedang membutuhkan karyawan baru. Tanpa menggunakan iklan atau disebut juga pemasaran, maka cukup sulit untuk melakukan perkrutan calon karyawan.

Karena tentu saja orang lain tidak akan tahu jika perusahaan sedang membutuhkan karyawan. Maka dengan adanya iklan ini, para calon recruiter atau pelamar kerja dapat segera membuat Surat Lamaran Kerja dengan mencantumkan informasi yang dibutuhkan.

Sehingga dengan begitu para calon karyawan juga tahu skill dan kualifikasi apa saja yang dibutuhkan oleh Perusahaan. Jadi bisa dibilang jika tujuan pembuatan iklan untuk lowongan pekerjaan bertujuan untuk memberitahu pada semua orang mengenai loker untuk wilayah sekitar.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Terbaru 2023

Mengapa Harus Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan Bahasa Inggris yang Menarik?

Agar recruiter bisa menemukan calon karyawan yang tepat untuk posisi pekerjaan yang dibutuhkan. Maka mereka harus membuat membuat umpan yang menarik perhatian para calon pelamar. Hal ini dilakukan untuk membuat calon pelamar memiliki keinginan untuk apply ke lowongan pekerjaan tersebut.

Itulah mengapa penting bagi pihak recruiter untuk membuat sebuah iklan yang bagus, menarik dan pastinya berisi informasi yang dibutuhkan. Sehingga terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat sebuah iklan lowongan.

Mulai dari membuat iklan dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, hingga menggunakan Bahasa Inggris jika pekerjaan yang dibutuhkan berhubungan dengan keahlian dalam berbahasa Inggir.

Berikut ini adalah alasan mengapa iklan lowongan kerja harus dibuat semenarik mungkin:

  • Agar calon pelamar yang mempunya potensi bisa mengetahui apabila perusahaan sedang memiliki posisi yang kosong dan membutuhkan seorang karyawan baru. Dengan kemampuan yang sesuai dengan apa yang perusahaan butuhkan.
  • Untuk memperkenalkan perusahaan, brand, produk atau merk secara luas luas ke khalayak. Karena biasanya di dalam sebuah lowongan pekerjaan akan terdapat deskripsi maupun keterangan singat mengenai profil perusahaan.
  • Membuka kesempatan untuk para investor agar mengetahui apa saja kelebihan yang didapatkan jika bekerja sama dengan perusahaan.

Baca Juga : Contoh Makalah PDF Singkat yang Baik dan Benar Lengkap

Cara Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan Terbaru 2023

Lowongan pekerjaan adalah posisi pekerjaan yang belum terisi sehingga organisasi maupun perusahaan bisa mencari seorang kandidat atau calon karyawan untuk mengisi posisi yang kosong tersebut.

Di dalam dunia kerja, rotasi kerja merupakan hal yang umum terjadi. Rotasi kerja inilah yang akhirnya membuat adanya posisi kosong ini.

Nah, iklan lowongan pekerjaan ini pun dibuat untuk memberitahukan ke semua orang jika perusahaan sedang membutuhkan karyawan baru, pada posisi yang sedang kosong tersebut.

Membuat iklan lowongan pun tidak bisa kamu lakukan secara sembarangan, karena iklan harus dibuat secara jelas dan rinci. Untuk itu, di sini saya akan membagikan cara untuk membuak iklan yang menampilkan lowongan pekerjaan dengan benar:

1. Mencantumkan Profil Singkat Perusahan

Iklan untuk lowongan kerja sendiri bertujuan untuk menarik para calon karyawan. Biasanya para pencari kerja akan memilih perusahaan yang memiliki profil yang jelas. Sehingga memudahkan mereka untuk memeriksa dan mencari tahu lebih jauh mengenai perusahaan tersebut.

Untuk itu, di sini kamu bisa memberikan informasi singkat bisa berupa profil perusahaan atau hanya logo perusahaan saja. Dengan begini, kamu tidak hanya bisa memberitahukan mengenai informasi lowongan pekerjaan yang kosong. Namun juga memperkenalkan perusahaan pada khalayan ramai.

Profil yang dicantumkan juga termasuk informasi narahubung atau contact person termasuk juga alamat situs resmi perusahaan, alamat email dan alamat kantor perusahaan dengan jelas.

2. Menyebutkan Posisi yang Dibutuhkan, Deskripsi Pekerjaan dan Persyaratan

Sebagian besar pencari kerja akan fokus untuk mencari posisi pekerjaan maupun jabatan yang sesuai dengan kemampuan mereka. Sehingga informasi ini cenderung akan dibaca pertama kali ketika melihat iklan lowongan.

Selain itu, deskripsi pekerjaan yang nantinya akan menjadi tanggung jawab si pelamar juga harus dicantumkan. Agar mereka tahu, tugas apa saja yang harus mereka emban ketika sudah berhasil lolos menjadi karyawan.

Deskripsi mengenai tugas dan tanggung jawab bisa ditulis dengan rinci, sehingga mampu membuat para pelamar memiliki gambaran mengenai pekerjaan yang akan dilakukannya di perusahaan tersebut. Sehingga mereka juga akan lebih mudah untuk memperhitungkan perkembangan kariernya.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan persyaratan atau requirements. Misalnya seperti minimal memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun di bidangnya. Atau kemampuan dalam menguasai beberapa skill dan keahlian. Seperti keahlian dalam berbahasa asing. Atau syarat harus memiliki sertifikasi keahlian tertentu.

Poin ini harus ditulis semua dengan jelas dan padat. Mulai dari penyusunan kalimat hingga pengejaannya pun harus benar. Sehingga pada pencari kerja bisa dengan mudah memahami deskripsi pekerjaan yang tersedia.

Selain itu, hal ini juga meminimalisir pertanyaan tidak penting dan tidak nyambung dari calon pelamar. Terkait pekerjaan yang dilakukan karena penjelasan mengenai deskripsi pekerjaan tidak ditampilkan secara jelas.

3. Menentukan Kisaran Gaji dan Lokasi Penempatan Kerja

Kisaran gaji yang dicantumkan di dalam iklan lowongan juga bisa menarik para calon pelamar untuk mengajukan surat lamaran kerjanya. Karena tidak bisa dipungkiri jika gaji menjadi petimbangan utama bagi sebagian besar orang. Untuk memutuskan bekerja di sebuah perusahaan.

Tentukan gaji sesuai dengan jabatan, deskripsi pekerjaa, kemampuan pekerjaan hingga UMR. Kisaran gaji yang ditentukan juga bisa membantu para pelamar untuk memperhitungkan biaya hidupnya dengan penghasilan yang akan mereka terima.

Selain itu, perusahaan juga bisa menyaring karyawan yang menyetujui perihal gaji yang diberikan. Sehingga hal ini akan memudahkan pekerjaan recruiter.

Jangan lupa untuk mencantumkan lokasi penempatan kerja. Sehingga calon pelamar dapat mengukur jarak dan waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke lokasi kerja. Sesuai dengan gaji maupun biaya akomodasi mereka setiap hari.

4. Mencantumkan Fasilitas dan Benefit

Adanya benefit dan fasilitas bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi si calon pelamar tentunya selain gaji pokok yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Para pencari kerja juga akan memikirkan kenyamanannya lewat fasilitas penunjang yang diberikan di luar gaji bulanan yang mereka dapat.

Fasilitas dan benefit di sini antara lain seperti asuransi kesehatan atau BPJS dan asuransi umum, uang makan dan uang transportasi, ruang kerja yang nyaman. Hingga dana pensiun, kemudahan untuk pengajuan KPR, termasuk juga jenjang karier yang menjanjikan.

5. Menggunakan Platform Pengiklan yang Tepat

Apabila semua elemen pembuatan iklan lowongan sudah dirancang dengan baik. Maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan menentukan platform yang tepat untuk mempublish iklan tersebut.

Agar iklan lowongan untuk posisi pekerjaan yang kosong di perusahaan dapat diketahui oleh banyak orang. Dan memungkinkan para pelamar untuk tertarik apply ke dalam lowongan pekerjaan tersebut.

Baca Juga : Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit dan Keperluan (Simple)

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Yang Keren Dan Menarik

Setelah melihat cara membuat iklan untuk lowongan pekerjaan, berikut ini adalah beberapa contoh iklan yang bisa kamu jadikan sebagai refrensi:

1. Contoh

2. Contoh

3. Contoh

4. Contoh

5. Contoh

Akhir Kata

Itulah tadi berbagai contoh iklan lowongan pekerjaan dan cara membuatnya, semoga informasi ini membantu dan sampai jumpa pada ulasan menarik lainnya di PPSDK.

Artikel Terkait